• Home
  • Lock.
  • RPP
  • RKAS
  • TGS Siswa
  • Daftar Isi
  • Alumnus
  • Kontak
  • Comments

JELANG UN STURI ADAKAN BIMBINGAN MOTIVASI


Ujian Nasional dengan berbagai fenomena pro dan kontranya ibarat bola panas yang selalu bergulir. Disatu sisi banyak yang menyetujui Ujian Nasional  sebagai tolok ukur keberhasilan penyelenggaraan pendidikan, sehingga memacu siswa untuk lebih giat belajar untuk bisa mendapatkan predikat lulus. Dari fihak gurupun dipacu untuk memberikan pelayanan terbaiknya guna mempersiapkan siswanya menghadapi ujian nasional. Sementara di sisi lain banyak juga yang menolak, karena Ujian Nasional  dianggap kontra produktif terhadap usaha usaha reformasi pembelajaran. Hal ini wajar saja karena carut marutnya pelaksanaan ujian nasional dengan berbagai fenomena kecurangannya, telah menggeser nilai nilai karakter yang semestinya dilahirkan dari dunia pendidikan itu sendiri.
Kejadian kejadian diatas merupakan salah satu pemicu hingga kini ujian nasional tidak menjadi satu satunya penentu kelulusan. 
Meski UN pada tahun ini bukan satu satunya penentu kelulusan, namun upaya peningkatan prestasi belajar siswa khususnya kelas 9 terus dilakukan. Hal ini sesuai dengan apa yang telah ditegaskan Kepala SMP Negeri 1 Dukuhturi Bapak Drs. Abdul Jamil, SH. M,M.Pd. pada rapat pembinaan dewan guru menjelang Try Out. Dalam sambutanya beliau menyampaikan rasa terima kasih kepada jajaran guru pengampu kelas 9 yang saat ini masih berjuang dan bekerja keras membimbing dan mempersiapkan anak anak menghadapi ujian nasional dengan bimbingan belajar dan jam tambahan. beliau juga menginstruksikan untuk membekali dan memotivasi siswa kelas 9 supaya semangat belajar lebih meningkat serta mempunyai kepercayaan diri menghadapi ujian nasional, melalui bimbingan motivasi dan bersama.
Kegiatan bimbingan motivasi  dan doa bersama tahun ini dilaksanakan dua kali, yang pertama hari ini selasa tanggal 8 Maret 2016, dan yang kedua rencananya menjelang Ujian Nasional. Kegiatan motivasi ini bertujuan untuk memberikan motivasi belajar, dan membangkitkan semangat belajar, sehingga diharapkan mampu mendongkrak nilai ujian yang berdampak pada prestasi belajar.
Seperti biasanya kegiatan motivasi yang langsung dipandegani oleh Bapak Singgih Pujianto, S,Pd ini selalu saja berlangsung heboh, dengan permainan emosinya peserta bimbingan bersorak sorai dengan selingan video yang mengajak untuk ketawa terbahak bahak dengan tayangan video lucunya, untuk kemudian digiring ke suasana hening untuk mencapai titik kesadaran pribadi, barulah penanaman  nilai nilai dan janji, kemudian dinetralisir. Seperti biasanya kegiatan ini selalu diwarnai isak tangis peserta.
Kegiatan di akhiri dengan dengan sholat dan doa bersama untuk kesuksesan nilai ujian nasional sturi.








0 komentar:

Post a Comment