• Home
  • Lock.
  • RPP
  • RKAS
  • TGS Siswa
  • Daftar Isi
  • Alumnus
  • Kontak
  • Comments

Sambutan Kepala Sekolah Dalam Acara Pelepasan Siswa Kls 9 Thn 2011/2012




Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuuh…,

Yang terhormat:
Kepala UPTD Dikpora Kec. Dukuhturi
Kepala Desa Kepandean Kec. Dukuhturi
Pengurus Komite SMP N 1 Dukuhturi
Dewan guru dan staf Tata Usaha SMP N 1 Dukuhturi
Tamu Undangan Perwakilan Orang tua/Wali murid SMP N 1 Dukuhturi
Anak-anakku siswa-siswi SMP N 1 Dukuhturi Khususnya siswa kelas 9 yang saya banggakan
Hadirin
Bapak/Ibu sekalian yang saya hormati,

Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kita rahmat, hidayah dan taufik-Nya sehingga kita bisa hadir diacara pelepasan ini.

Hadirin, Bapak, Ibu guru serta perwakilan orang tua siswa kelas 7, 8 dan 9 khususnya, terimakasih atas kehadirannya di acara pelepasan ini, dan terimakasih  juga atas semua dukungannya sehingga acara pelepasan ini bisa terlaksana sesuai dengan apa yang telah direncanakan. 
Tak lupa juga saya ucapkan selamat kepada anak-anak kelas 9  Tahun Ajaran 2011 /2012

Shalawat dan salam senantiasa kita haturkan kepada junjungan kita Nabi Allah Muhammad SAW, yang telah menyelamatkan kita dari zaman jahiliyah menuju zaman zakariyah.

Hadirin sekalian yang saya hormati,
Perkenankanlah, saya sedikit mengulang kembali sejarah perjalanan SMP N 1 Dukuhturi, agar kita semua dapat melihat tonggak-tonggak perjalanan yang telah kita lalui bersama. Kita tahu bahwa lembaga ini didirikan pada tahun 1972 atas prakarsa tokoh pendidik dan masyarakat saat itu. Pertama dibangun hanya 2 ruang kelas dan 1 ruang guru memiliki 82 siswa dan 6 guru. Resmi menjadi menjadi SMP negeri dan satu-satunya sekolah negeri di wilayah Dukuhturi dan diberi nama SMP negeri Dukuhturi yang kemudian berubah menjadi SMP N 1 Dukuhturi setelah didirikan SMP Negeri 2 Dukuhturi.  sekarang SMP N 1 Dukuhturi telah memiliki rombongan belajar sebanyak 26 kelas, yang masing-masing tingkat terdiri dari kelas 7 ada 9 kelas, 8 ada 9 kelas dan kelas 9 ada 8 kelas tahun ajaran baru insya Allah menjadi 27 kelas. Artinya ke depan paradigma peningkatan kuantitas sudah harus mulai digeser menjadi paradigma peningkatan kualitas akademis dan non akademis.

Hadirin sekalian yang saya hormati,

Dalam proses globalisasi yang kita alami bersama seiring dengan perkembangan kemajuan negara kita, Sekolah berperan di dalam menyikapi tuntutan perubahan di masyarakat, 
Tuntutan-tuntutan tersebut tentunya tidak dapat lepas dari tuntutan pendidikan, termasuk juga pendidikan dasar, yang layak bagi masyarakat luas, karena untuk berkompetisi secara global, kita perlu memiliki SDM yang terlatih dan berkualitas untuk dapat ikut bersaing di era global yang ada. 
Undang-Undang Sisdiknas tahun 2003 mengatur dan sekaligus menuntut, untuk adanya efisiensi, peningkatan kualitas pendidikan, dan peningkatan angka partisipasi dalam pendidikan.

Aspek-aspek tersebut merupakan tantangan dengan dinamika bagi lembaga pendidikan, termasuk tentunya bagi SMP N 1 Dukuhturi. Kalau kita melihat ke belakang, tantangan tersebut  tampaknya sudah dihadapi dan disikapi oleh 10 Kepala Sekolah terdahulu, mulai dari Bapak Ngadimin, Bapak Nadari, Ibu Wurtati, Bapak Ginting Rasimin, Bp. Subardi, Bp. Chumaedi Bp. Suratno, Bp. Doto, Bp, Suprapto dan Ibu Umiyar. Saya sebagai Kepala Sekolah ke-11 dan alumnus SMP N 1 Dukuhturi angkatan 1983, tentu harus terus melakukan perbaikan yang kontinyu dalam memanfaatkan dan mengembangkan landasan-landasan pemikiran yang telah diletakkan oleh para pimpinan SMP N 1 Dukuhturi yang terdahulu.
Hari ini merupakan hari bersejarah bagi kita semua sebagai bagian dari SMP N 1 Dukuhturi, sehingga patutlah kita untuk pertama-tama memanjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT, atas ijin dan ridhoNya kita semua masih dapat bertemu dan berkumpul dalam keadaan berbahagia dan sehat wal’afiat untuk mengikuti acara pelepasa siswa SMP N 1 Dukuhturi yang ke 31 semoga Allah SWT tetap memberikan lindungan Nya dalam perjalanan perubahan SMP N 1 Dukuhturi menjadi sekolah yang berkualitas dalam era globalisasi yang kita hadapi sekarang ini.

Bapak Ibu hadirin yang berbahagia,
Dalam usianya yang ke 31, SMP N 1 Dukuhturi telah mengalami berbagai perubahan termasuk perubahan dalam status akreditasi sekolah. SMP kita terakreditasi B dengan status Sekolah Potensi Standar Nasional. Dalam tiga tahun terakhir ini, tahapan-tahapan untuk melakukan perubahan dalam memanfaatkan peluang dan tantangan yang diberikan oleh pemerintah kepada SMP N 1 Dukuhturi  sebagai perwujudan Manajemen Berbasis Sekolah telah dilakukan dengan segala dinamika organisasi yang terjadi. Tataran kualitas yang ada di lingkungan SMP  dalam kacamata pandang pihak lain, bergerak di peringkat 12 di Kabupaten Tegal, SMP N 1 Dukuhturi juga berhasil menggungguli beberapa sekolah yang lain untuk nilai mata pelajaran tertentu dan kegiatan – kegiatan lomba tertentu. 

Dari lubuk hati yang dalam perkenankan saya menghaturkan terima kasih kepada Ibu Dra. Umiyar yang dalam tiga tahun terakhir telah membangun sarana dan prasarana SMP Negeri 1 Dukuhturi sehingga telah mencapai standar pelayanan, oleh karena itu sangatlah Tepat apabila kita sebut sebagai “Ibu Pembangunan”. 
Saya sampaikan rasa bangga terhadap almamater kita ini yang dengan penuh semangat dan kerja keras menggulirkan peningkatan kualitas di berbagai aspek kegiatan keilmuan. Target kami ke depan tahun 2012 ini kami mencoba meraih akreditasi A dan di tahun 2014 menjadi sekolah berstandar Nasional.
Hadirin sekalian yang saya hormati,
Ke depan SMP N 1 Dukuhturi merasa perlu untuk menjadi sekolah yang lebih modern. Dengan potensi dan dana yang ada selalu berusaha mengikuti trend perkembangan teknologi dalam bekerja dan dalam pembelajaran misalnya dengan menyediakan finger print untuk kehadiran guru, karyawan dan siswa, mengadakan skaner korektor (koreksi dengan system komputerisasi), melengkapi media pembelajaran dengan LCD, ulangan menggunakan sistem digital, dimana para siswa mengerjakan soal di komputer dan begitu selesai mengerjakan langsung dapat melihat hasil ulangannya.
ke depan Perkembangan organisasi SMP N 1 Dukuhturi memerlukan desain organisasi yang efisien, efektif dan dijalankan melalui tenaga-tenaga yang memenuhi kualifikasi, di samping juga memastikan bahwa dalam organisasi tersebut terjadi pengembangan kapasitas, dan pengembangan kelompok kerja yang akan melahirkan profesionalisme tinggi untuk mendukung roda kegiatan sekolah.

Dalam bidang akademik, selain berbagai peraturan akademik yang dibakukan, peningkatan kualitas metodologi pengajaran tidak luput mendapat perhatian, termasuk pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam berbagai aspek kegiatan. Sebut saja sambungan ke internet, fasilitas LCD, fasilitas sambungan ke jaringan komputer.

Dalam bidang pengembangan diri (ekstra kurikuler) sekolah menawarkan berbagai kegiatan untuk pengembangan diri para siswa mulai dari kegiatan olahraga, kesenian, ilmiah, keagamaan dsbnya yang menuju sekolah berbasis budaya local berwawasan global

Aspek-aspek yang telah dan akan dilakukan di atas tentunya tidak berjalan tanpa dukungan SDM yang handal, tanggap, dan berkualitas. SMP N 1 Dukuhturi telah memiliki sekitar 50 tenaga pendidik, dengan rata-rata kualifikasi pendidikan S-1 dan beberapa S-2. SMP N 1 Dukuhturi memiliki sekitar 15an tenaga administrasi, 1000-an siswa yang merupakan motor penggerak dari kegiatan belajar. Budaya kerja yang diperlukan agar SMP N 1 Dukuhturi dapat tetap berkiprah di tataran yang lebih maju patut kita cermati, termasuk juga meningkatkan kapasitas SDM pengelola sistem sekolah, sehingga secara bersama kita dapat memiliki kemauan kuat dan kualitas yang tinggi untuk menjalankan prinsip-prinsip SMP N 1 Dukuhturi sebagai suatu sekolah profesional, akuntabel, produktif, inovatif, responsif, dan dinamis.

Bapak/Ibu sekalian, warga SMP N 1 Dukuhturi yang saya banggakan,
Hari ini adalah sejarah. Hari ini mungkin hari terakhir bagi anak-anak kelas 9 Tahun Ajaran 2011 /2012. berada di sekolah ini. Namun, segala apa yang telah kita lalui bersama merupakan kenangan terindah yang tak akan terlupakan. Ada banyak hal yang belum sempat kami berikan kepada kalian. Namun demikian, mudah-mudahan dengan ilmu yang telah diajarkan di sekolah ini bisa menjadi bekal buat kehidupan kalian dimasa depan nanti.

Anak-anaku sekalian
Sungguh kalian adalah panutan yang baik bagi kami. Kalian telah memberi prestasi bagi sekolah kami. Sekarang ini mungkin hari terakhir kebersamaan kita, tapi bukan berarti hari terakhir hubungan kita dalam hal lainnya, mungkin suatu saat kita akan bersama kembali walau dalam hal atau hubungan lain, bukan seperti sekarang hubungan antara guru dan murid. 
Ada banyak sekali hal yang berkesan selama kalian sekolah disini. Kebersamaan kalian yang membuat sekolah kita menjadi kuat, dan berprestasi dalam membangun nama baik sekolah kita.
Ibu, bapak serta anak-anaku sekalian khususnya anak2ku kelas 9…
Sebuah ungkapan yang tak asing lagi bagi kita, “dimana ada pertemuan, disitu ada perpisahan”. Tiga tahun lalu kita bertemu di tempat ini. Tanggal 13 Juli 2009 adalah awal perjuangan kalian di sekolah ini. Kalian mulai diajarkan disiplin dan peraturan tata tertib di tempat ini dimulai dengan mengikuti MOS dan Persami serta kegiatan Ekstra kurikuler yang begitu padat.  Memasuki kelas 9 kalian dihadapkan pada program Ujian sekolah dan UN dari mulai tambahan pelajaran, sarapan soal di pagi hari serta try out Un sampai 5 kali. Kalian yang duduk di tempat ini adalah mereka yang sukses dan berhasil. Karena ada beberapa siswa teman kalian yang berguguran satu demi satu. Awalnya berjumlah 320 siswa sekarang  menjadi 288 siswa.
Dan ditempat ini pulalah kita berpisah. Inilah takdir manusia yang tak terelakkan. Kita tak bisa melawan waktu. Biarlah waktu itu berlalu seiring dengan linangan air mata kami.

Anak-anaku tercinta, satu pesan buat kalian. Kalian adalah alumni-alumni yang baik lagi sopan. Perlihatkanlah sifat baik lagi sopan itu kepada orang-orang di luar sana. Buatlah hal itu menjadi ciri khas bagi alumni sekolah kita. Jagalah nama baik sekolah kita dimanapun kalian memijakkan kaki. Luapkan kegembiraan kelulusan nanti dengan sujud syukur Insya Allah jika kita bersyukur akan diberi nikmat yang lebih besar.Tetapkanlah hati dan pikiran kalian dalam kejujuran dan kebenaran, niscaya kalian akan menjadi orang-orang yang sukses dan berhasil di masa depan. Selamat jalan anak-anaku sekalian! Semoga Tuhan mempertemukan kita kembali di masa yang akan datang.

Ibu, bapak serta anak-anaku sekalian
Akhir kata, saya sampaikan sekali lagi selamat bagi yang lulus dan terima kasih kepada seluruh warga SMP Negeri 1 Dukuhturi, baik itu siswa, staf administrasi, staf pengajar, pembina OSIS, Wakil Kepala Sekolah, mantan Kepala Sekolah, komite sekolah, para alumni dan warga lainnya, bahwa semuanya masih mau memberikan dukungannya untuk SMP kita tercinta.

Semoga kita semua dapat mencapai apa yang kita cita-citakan agar SMP kita  menjadi sebuah lembaga pendidikan yang dapat berkiprah di tataran regional maupun nasional. Mudah-mudahan  pesan dan kesan ini, dapat mendatangkan berkah dan manfaat kepada kita semua. Dalam kesempatan ini pula saya serahkan peserta didik kelas 9 SMP Negeri 1 Dukuhturi tahun pelajaran 2011-2012 kami serahkan kepada orang tua masing-masing untuk menjaga dan mendidik mereka. Sekali lagi, selamat jalan anak-anaku sekalian !..

Wassalamu ‘Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh




                                                                                                            Dukuhturi, 31 Mei 2012
                                                                                                            Kepala Sekolah


                                                                                                            Drs. Alfatah, M.Pd
                                                                                                            NIP. 19670913 199512 1 003

2 komentar:

Post a Comment