• Home
  • Lock.
  • RPP
  • RKAS
  • TGS Siswa
  • Daftar Isi
  • Alumnus
  • Kontak
  • Comments

STURI IKUTI KARNAVAL HUT PROKLAMASI KE 70 TINGKAT KABUPATEN

Kepala SMP Negeri 1 Dukuhturi, Bapak Drs. Abdul Jamil, SH, M.Pd bersama rombongan peserta karnaval, saat pelepasan peserta di halaman SMP Negeri 1 Dukuhturi. 


Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan ke 70, Pemerintah Kabupaten Tegal menyelenggarakan pawai karnaval. Acara karnaval HUT Proklamasi ke 70 agak berbeda dengan tahun tahun sebelumnya. Yang biasanya dilaksanakan dua hari, tahun ini dilaksanakan hanya satu hari. Yaitu Hari Kamis tanggal 20 Agustus 2015. Meski hanya satu hari namun semua terakomodir, karena terbagi dalam dua sesi. Sesi pertama pagi hari mulai pukul 08.00 sampai 12.00 wib di peruntukan bagi para pelajar. Sedangkan sesi ke dua pukul 14.00 sampai selesai diperuntukan bagi semua Instansi diwilayah Kabupaten Tegal.
Adapun route karnaval, star di kantor Kabupaten atau terkenal dengan AAS (Alun Alun kota Slawi) kemudian ketimur sampai pada perempatan Brigif 4 Dewa Ratna, ke utara hingga pertigaan SMA 1 Slawi ke barat, melewati Polres Slawi sampai pada perempatan patung obor slawi, keutara hingga Finish di GOR Trisanja Slawi. Meski route lebih pendek dibandingkan dengan tahun tahun sebelumnya, namun dirasa cukup untuk ukuran para pelajar, ga terlalu jauh. 
Panggung kehormatan berada didepan Gor Trisanja Slawi, Hadir dalam kesempatan tersebut Bupati Kebanggaan orang Tegal Ki Entus Susmono dan Wakil Bupati bersama dengan muspida Kabupaten Tegal.
Berbagai persiapan dan koordinasi demi koordinasi telah dilakukan SMP Negeri 1 Dukuhturi demi suksesnya acara karnaval HUT Proklamasi yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Tegal. Kepala SMP Negeri 1 Dukuhturi, Bapak Drs. Abdul Jamil, SH, M.Pd,  langsung menginstruksikan kepada seluruh pembina Ekstrakurikuler melalui bagian kesiswaan, untuk mengirimkan anggotanya dalam karnaval tersebut. Mulai dari Osis, Pramuka, Paskibra, PKS, PMR, Bulutangkis, sepak bola, Pencak silat, Rebbana, dll. Ada hal yang unik dan menghebohkan pengunjung dari penampilan sturi yaitu dengan hadirnya CALUNG Sturi, Dengan goyangan penari dan alunan musik trodisional yang dikemas dalam versi koplo mampu menghipnotis pengunjung karnaval untuk turut bergoyang. Anak anak, remaja dan orang tua nampaknya menikmati sajian musik music calung persembahan SMP Negeri 1 Dukuhturi pimpinan Pak Iman. 
Cikal bakal calung sturi sesungguhnya dari pasukan elit pramuka sturi yang terkenal dengan sebutan PASGABIRAWA. Penggagas pertama calung sturi adalah anak anak Pasgabirawa angkatan I, yaitu Agus Wahyudi bersama dengan kawan kawanya dengan segala kemampuan kemandiriannya terbentuklah calung sturi. Namun saat itu masih tergabung dalam pasukan Pasgabirawa sehingga diberi nama calung PASGABIRAWA. seiring berjalanya waktu baru tahun ini dibawah kepemimpinan Bapak Drs. Abdul Jamil, SH, M.Pd mulai tahun ini calung diresmikan menjadi kegiatan Ekstra Mandiri. 
Dari kisah perjalanan Calung Sturi dengan segala tantangan dan hambatannya telah banyak mengukir prestasi. Antara lain pernah berlaga di even tingkat provinsi 
  1. di ajang FLS2N. tahun 2013 mewakili Kabupaten Tegal
  2. di ajang Jambore Nasionalisme Karakter Bangsa di Bataliyon 413 Bremoro sukoharjo
Ditingkat Kabupaten Tegal:
  1. Dinobatkan sebagai juara 1 FLS2N tingkat Kabupaten Tegal
  2. Selalu tampil di pentas seni siswa Kabupaten tegal, bahkan pernah mendapat saweran dari Bupati Tegal Ki entus susmono
  3. Tampil di berbagai even kepramukaan maupun di even even masyarakat sekitar

Kepiawaian pemain calung sturi dengan seragam doreng khas Pasgabirawanya lengkap dengan potongan cepak ala pasukan TNI ini membuat Komandan Brigif 4 Dewa Ratna makin Gemas untuk menghadirkan calung Sturi dalam Upacara Pembukaan Turnamen Sepak Bola Brigif CUP yang diselenggarakan sabtu 22 Agustus 2015. Inilah satu dari berbagai Prestasi SMP Negeri dukuhturi dibawah pimpinan Bapak Drs. Abdul Jamil, SH, M.Pd. 










0 komentar:

Post a Comment