• Home
  • Lock.
  • RPP
  • RKAS
  • TGS Siswa
  • Daftar Isi
  • Alumnus
  • Kontak
  • Comments

CALUNG STURI TAMPIL DI BRIGIF 4 DEWA RATNA



Sungguh prestasi yang membanggakan, baru resmi menjadi kegiatan ekstra mandiri, calung SMP Negeri 1 Dukuhturi dapat undangan untuk turut meramaiakan upacara pembukaan turnamen Brigif CUP dalam rangka HUT Proklamasi ke 70. Hadirnya calung sturi dalam acara tersebut berawal dari penampilan calung Sturi saat karnaval yang diselenggarakan Pemda Kab Tegal. Saat melintasi Brigif 4 Dewa Ratna kebetulan Komadan Brigif 4 Dewa Ratna yang berpangkat Letkol ini melihat penampilan calung sturi yang unik, asyik dan menggoda untuk bergoyang. Sehingga siang itu juga melayangkan surat resmi kepada Kepala SMP Negeri 1 Dukuhturi untuk mengundang calung sturi tampil dalam upacara pembukaan even tahunan yang cukup bergengsi di lingkungan Brigif 4 Dewa Ratna. 


Kegiatan yang dilaksanakan hari sabtu 22 Agustus 2015 ini juga dihadiri oleh marcing band POLTRANS Tegal, dan Drumband PADMAKUSUMA lengkap dengan barongsay dan naganya. Suatu kebanggaan tersendiri bagi SMP Negeri 1 Dukuhturi dibawah pimpinan Drs. Abdul Jamil, SH, M.Pd dapat berpartisipasi dalam acara tersebut. 
Ada hal yang unik usai upacara pembukaan, Calung sturi melakukan Display dan kembali menghibur dan menghipnotis pengunjung. Taruna Poltrans dan TNI langsung berkerumun menikmati alunan calung Sturi. Saking hebohnya para Taruna Poltran ga kuat untuk turut bergoyang bahkan memberikan saweran kepada penari calung. Luar biasa......
Semoga menjadi awal yang baik bagi calung Sturi untuk mengembangkan dan menyalurkan bakat minat seni siswa SMP Negeri 1 Dukuhturi.



Berkaitan dengan penyaluran bakat dan minat siswa, Kepala SMP Negeri 1 Dukuhturi Drs, Abdul Jamil, SH, M.Pd menaruh perhatian khusus. Beliau selalu menegaskan kepada para pembina ekstra dalam rekrutmen anggota harus berdasarkan minat dan bakat siswa, tak ada unsur paksaan. Sehingga nantinya dapat berhasil lebih Optimal. Meskipun demikain peserta kegiatan ektra tetap saja membludak, mayoritas siswa ingin mengikuti seluruh kegiatan ekstra. Kesadaran siswa akan pentingnya kegiatan ekstra nampaknya telah menjadi budaya. Hanya saja hingga saat ini masih didominasi siswa putri.   Khusus untuk calung yang notabene merupakan Ekstra yang baru lahir pada tahun ajaran akan beliau kembangkan dan berencana akan membeli alat alat music calung yang baru. Demikian tutur beliau disela sela kesibukanya diruang kerja beliau saat ditemui tim redaksi websturi.
Semoga semua program dapat terlaksana dan mampu membawa nama baik SMP Negeri 1 Dukuhturi.

0 komentar:

Post a Comment