• Home
  • Lock.
  • RPP
  • RKAS
  • TGS Siswa
  • Daftar Isi
  • Alumnus
  • Kontak
  • Comments

OSIS SMP N 1 DUKUHTURI ADAKAN PESANTREN KILAT RAMADHAN

Sebagai mana tahun tahun sebelumnya, setiap bulan ramadhan Osis SMP N 1 Dukuhturi mengadakan serangkaian kegiatan yang berorientasi pada peningkatan keimanan dan ketakwaan terhadap Allah SWT. Kegiatan ini dikenal dengan istilah Pesantren Kilat. Kegiatan ini di ikuti seluruh siswa baik kelas 7,8 dan 9. Rangkaian kegiatan pesantren kilat meliputi :
1. Ceramah Keagamaan
2. Tadarus Al-Qur'an
3. Sholat berjamaah
4. Praktek Ibadah
5. Zakat Fitrah
dan sebagai puncaknya dilaksanakan Buka Bersama dan Nuzulul Qur'an.
Kegiatan Pesantren kilat yang dilaksakan mulai tanggal 23-25 Juli 2013 ini agaknya berbeda dengan tahun tahun sebelumnya, karena kegiatan pesantren tahun ini bermuatan karakter. Hal ini diperkuat oleh pengakuan pembina rohis yang juga menjabat sebagai Ketua Panitia Pesantren Kilat Ibu Khamida, S.Ag. Beliau mengatakan "Kegiatan pesantren kilat tahun ini, memang berbeda, lebih efisien dan efektif sebagai mana petunjuk kepala sekolah, bukan cuma itu kami tim rohis bersama Osis juga meramu kegiatan pesantren kilat ini lebih kepada pembinaan dan penguatan nilai karakter yaitu keimanan" demikian penuturan beliau usai memberikan ceramah keagamaan di kelas 7.

Semangat Osis dalam melaksanakan kegiatan ini patut diacungi jempol karena dari perencanaan hingga akhir kegiatan semua direncanakan oleh anak anak Osis, sebagai mana disampaikan oleh Pembina Osis SMP N 1 Dukuhturi Bapak Iman Hadi Purwono, S.Pd "Kami bangga dengan anak anak Osis, nampaknya anak anak mulai mandiri, mereka mampu merencanakan, dan melaksanakan kegiatan ini dengan baik. jujur saja tahun ini peran pembina agak ringan, kami jajaran pembina cukup memberikan instruksi kepada anak anak osis, selanjutnya mereka mengadakan koordinasi sendiri, membuat proposal sendiri" demikian tukas beliau disela sela kesibukanya.
Sambutan baik Kepala SMP N 1 Dukuhturi Bapak Drs. Alfatah, M.Pd dengan kegiatan pesantren kilat ini disampaikan beliau saat memberikan kultum pada acara Nuzulul Qur'an mengatakan "Kita semua bersyukur telah diberikan nikmat oleh Allah SWT shg dapat bertemu kembali dibulan yang suci ini, kita bersyukur karena sampai dengan detik ini kita masih diberi nikmat Iman hingga kita semua semua warga SMP N 1 Dukuhturi dapat menjalankan Ibadah Puasa, karena hanya orang orang yang beriman saja yang wajib berpuasa. Ibadah puasa ini sangat sangat bermuatan karakter terutama kejujuran pada diri sendiri dan keimanan pada Allah SWT, kerena bisa saja orang mengaku berpuasa tapi ternyata dengan sembunyi sembunyi makan siapa yang tahu ? inilah ujian keimanan dan kejujuran bagi kita umat muslim. Hanya yang beriman dan jujur pada diri sendirilah yang benar benar melaksanakan ibadah puasa" demikian sekelumit sambutan beliau dalam penegasan pesantren kilat yang bermuatan karakter.





0 komentar:

Post a Comment