• Home
  • Lock.
  • RPP
  • RKAS
  • TGS Siswa
  • Daftar Isi
  • Alumnus
  • Kontak
  • Comments

Kegiatan Tengah Semester Sturi adakan class meeting

Seperti tahun tahun sebelumnya setiap pasca ulangan tengah semester, SMP N 1 Dukuhturi mengadakan kegiatan tengah semester. Kegiatan tengah semester ini diisi dengan bebagai lomba-lomba antar kelas. Kegiatan yang dilaksanakan dua hari mulai jum'at dan sabtu tanggal 13-14 April 2012 ini meliputi 3 mata lomba yaitu : 
  1. Lomba Gerak Jalan
  2. Lomba Tarik Tambang
  3. Lomba Lari Estafet

Ketiga cabang lomba ini diikuti oleh seluruh kelas, masing masing kelas mengirimkan 2 kontingen dari ketiga cabang tersebut, yaitu kontingen putra dan kontingen putri. Kegiatan berlangsung meriah hal ini berkat kerjasama antara wali-wali kelas dengan panitia kegiatan tengah semester. Meski kegiatan ini beriringan dengan kegiatan TryOut kelas 9 namun semua dapat berjalan dengan lancar karena panitia telah mensetting kegiatan ini  supaya dua kegiatan dapat berlangsung dalam waktu yang sama. 

Mengenai pelaksanaan lomba, kegiatan ini dilasanakan diluar sekolah dibagi menjadi 2 tempat, untuk cabang tarik tambang dan lari estafet dilaksanakan di lapangan sepak bola desa kepandean, sedangkan untuk cabang gerak jalan di laksanakan di depan halaman sekolah, dengan rute : dari depan sekolah kebarat menuju brug kembar, kemudian keselatan menuju pasar celulung, dari pasar celulung ke timur hingga pertigaan, dari pertigaan le selatan menuju desa lawatan hingga tembus ke gerbang desa lawatan tepatnya depan SD Kepandean 1dan 2, kemudian ke utara dan finis di depan halaman SMP N 1 Dukuhturi. 
Begitu meriahnya kegiatan tengah semester ini hingga halaman depan sekolah pun seketika padat di padati oleh seporter masing masing kelas. Meski Jalan depan halaman sekolah nampak kepadatan lalu-lintas namun berkat kesigapan Bapak Satpam Bang Didik yang luar biasa ini, situasi lalu lintas menjadi aman dan terkendali seperti yang dilaporkan Bang Didik "Siap 86 pak". 

Kegiatan Tengah semester yang juga program kesiswaan ini di komandani langsung oleh Bapak Duladi, S.Pd. Beliau yang terkenal dengan kedisipilnannya dalam membina siswa ini sangat sigap dalam menangani kegiatan - kegiatan yang berkaitan dengan kesiswaan mulai ketertiban hingga kedisiplinan keberangkatan. pantas saja begitu ada pengumuman kegiatan lomba dimulai pukul 07.00 wib semua siswa pun dah siap sebelum jam 07.00. 

Adapun Koordinator cabang lomba di koordinatori oleh Bapak waryatno, S.Pd dan di bantu oleh Bapak Adi Purnomo, S.Pd selaku guru olah raga. Pak Yatno demikian panggilan akrabnya adalah sosok yang piawai dalam bidang olah raga, jam terbang beliau dalam berbagai kepanitiaan lomba di tingkat Kabupaten tak diragukan lagi, hampir dimana ada lomba olah raga tingkat kabupaten disitu ada Pak Yatno, hingga pelaksanaan lomba dalam rangka Kegiatan tengah semester ini  selalu dilaksanakan seperti halnya lomba tingkat daerah, bukan sekedar formalitas untuk memeriahkan kegiatan tengah semester semata, tetapi lebih dari itu kegiatan ini melatih siswa pada sistem aturan lomba sebagaimana di terapkan dalam evan bertaraf nasional.

Ada hal yang heboh yaitu dengan hadirnya wali kelas saat mendampingi anak buahnya mengikuti lomba. Para wali - wali kelas tentu saja menginginkan anak buahnya menjadi pemenang. Salah satu wali kelas "Terheboh" adalah Bapak Sushandoko, S.Pd. Beliau sangat care sama anak buahnya, inilah yang perlu di jadikan contoh. Tak satu evenpun lepas dari supportnya, sehingga wajar saja kelas beliau mampu memenangkan lomba cabang tarik tambang.
Bicara peran wali kelas ada satu fenomena unik dalam kegiatan ini yang sempat menjadi topik populer minggu ini. Yaitu kesuksesan bapak Edy Kusnendro, S.Pd dalam mensupport anak buahnya. Trik beliau dalam mensupport anak buahnya menggunakan jalur "Infiltrasi" yaitu gerakan "Underground" (buzeet...kaya intelgent aza=red). Pak Edy begitu panggilan akrab sehari harinya yang sukses dengan bisnis kertas dan alhamdulillah masuk dalam daftar Calon Alhaj ini, justru tidak tampak saat anak buahnya mengikuti lomba. Namun jangan salah beliau justru memotivasi anak-anak buahnya saat penunjukan kontingen lomba. Beliau membuat satu pemetaan target dan strategi lomba di dalam kelas pra Lomba. Hasilnya menakjubkan kelas beliau juga memenangkan lomba.

Dari pembahasan di atas kita dapat ambil satu kesimpulan bahwa dalam mencapai suatu target "tidak harus" menggunakan kata - kata atau sesuatu yang kasat mata belaka tanpa makna. Yang terpenting adalah eksyen nya atau tindakan yang tulusnya bukan komentar-komentar yang justru dapat menimbulkan salah penafsiran yang bila hal ini terjadi justru akan menghambat target itu sendiri. Ya seperti yang pernah di ajarkan oleh Bapak Kepala Sekolah kita "Diam Adalah Emas" biarkan saja nanti "proses" yang akan bicara. Banyak hal-hal baik yang diluar dugaan akan muncul ke permukaan apabila kita dapat melaksanakan tugas ini dengan tulus tanpa karena suatu apa. 

Mari kita jadikan sturi ini sebagai media untuk slalu dan slalu berkarya dengan niat lurus dan tulus sebagaimana telah di ajarkan oleh Bapak Kepala Sekolah kita. Yakinlah Gusti Allah kang sang hyang wenang mempunyai seribu cara untuk mengangkat derajat orang orang tulus. Semoga sturi paradigma baru dengan wajah baru dibawah pimpinan Bapak Drs. Alfatah, M.Pd dapat melaksanakan visi misinya. 

0 komentar:

Post a Comment