• Home
  • Lock.
  • RPP
  • RKAS
  • TGS Siswa
  • Daftar Isi
  • Alumnus
  • Kontak
  • Comments

Guyub Rukun Wujudkan Lingkungan Sehat Menuju Sekolah Adiwiyata

Bahu membahu membuat biopori untuk persiapan musim penghujan, nampak kepala sekolah (Tengah)  sedang memasangkan tutup biopori, Pak Yatno (Kanan) sedang membuat galian biopori dan mas hendrik (kiri) sedang mengangkat tanah dari galian

Dukuhturi, Program Sekolah Adiwiyata yang telah dicanangkan oleh Kapala SMP Negeri 1 Dukuhturi oktober tahun lalu menjadi tonggak awal gerakan budaya bersih dan sehat secara terencana. Sesungguhnya bukan sekolah adiwiyata yang disasar oleh program ini, melainkan budaya dan perilaku hidup sehat itu yang menjadi target program ini. Jika seluruh warga sekolah telah memiliki kesadaran untuk selalu berperilaku dan budaya sehat maka sekolah kita bebas sampah, asri, hijau dan rindang. Udara di lingkungan sekolah juga segar. Hal ini membuat semua warga sekolah akan kerasan di sekolah dan tentunya akan "Ngangeni lan Mbetahi" dalam istilah jawanya. SMP Negeri 1 Dukuhturi dengan kondisi saat ini pun membuat anak anak betah di sekolah, nyatanya memang Sturi tak pernah sepi dengan kegiatan. Apalagi jika program ini kelak berhasil, maka anak anak dan warga sekolah akan lebih kerasan berada di sekolah.

Hal ini dibenarkan oleh Kepala SMP Negeri 1 Dukuhturi, Bapak Indit Undiarto, S.Pd., M.M. saat di temui di ruang kerjanya. Beliau mengatakan "Program Sekolah Adiwiyata memang itu salah satu program SMP Negeri 1 Dukuhturi, namun sasaran utama dari kegiatan ini adalah Terwujudnya budaya hidup bersih dan sehat dan pengelolaan lingkungan sekolah yang sehat. Jika hal ini terwujud maka Predikat Sekolah Adiwiyata akan mengikuti dengan sendirinya" demikian papar beliau.

Semangat dan antusiasme warga sekolah dalam mewujudkan budaya bersih dan sehat patut di acungi jempol, pasalnya semua guyub rukun, bahu membahu bekerja bersama sama saling melengkapi. Baik Kepala Sekolah, Guru, Petugas Administrasi Sekolah, siswa, dan masyarakat sekitar lingkungan sekolah dan komite, semua bekerja sama mewujudkan lingkungan sehat. Karena kita semua menyadari bahwa kebersihan itu menjadi tanggung jawab kita bersama. Progres dari program ini pun luar biasa dalam hitungan bulan sudah terasa dampaknya. Kini sampah terorganisir, green house sudah terwujud, drainase lancar dan lain sebagainya. Ini semua berkat kerja sama tim yang solid.
Progres yang luar biasa juga tak lepas dari pendampingan yang telah dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tegal beberapa waktu lalu. Semoga mimpi sturi menjadi sekolah adiwiyata segera terwujud. Iman ( 20 Oktober 2023)

Pendampingan dari DLH Kab Tegal

Bu Heryati sedang membuat media tanam

anak anak bersama guru bahu membahu menanam tanaman supaya hijau

Pak Kades Kepandean (no 3 dari kiri bersama dengan masyarakat
sekitar bersama sama menanam sayuran untuk mewujudkan
lingkungan yg sehat


0 komentar:

Post a Comment