• Home
  • Lock.
  • RPP
  • RKAS
  • TGS Siswa
  • Daftar Isi
  • Alumnus
  • Kontak
  • Comments

Sturi Louncing Program Calon Sekolah Adiwiyata

Kepala Sekolah Saat meluncurkan program Calon Sekolah Adiwiyata (senin, 31 Okt 23)

Dukuhturi, Semangat baru, gairah baru pasca pandemi covid 19, SMP Negeri 1 Dukuhturi kembali mengepakkan sayapnya. Predikat sekolah berkarakter, Sekolah ramah anak telah kita raih, saatnya dibawah kepemimpinan Bapak Indit Undiarto, S.Pd., M.M. tahun ini memprogramkan Sekolah Adiwiyata. Salah satu hal yang melatar belakangi adalah bahwa SMP Negeri 1 Dukuhturi dengan segala potensi dan sarana yang ada saat ini terkesan gersang. Apalagi akhir akhir ini terjadi perubahan iklim, dimana musim kemarau lebih panjang dari musim penghujan, sehingga suhu udara menjadi panas terik saat siang hari karena efek pemanasan global. Hal hal lain yang melatar belakangi program sekolah adiwiyata adalah potensi sumber daya manusia di SMP Negeri 1 Dukuhturi, dimana sebagian besar warga sekolah memiliki hobi mengoleksi tanaman. Bukan hanya itu saja hal yang paling Urgen yang melatar belakangi program ini adalah situasi pengelolaan lingkungan di SMP Negeri 1 Dukuhturi yang memang butuh pengelolaan yang lebih baik. Mulai dari pengelolaan sampah, pengelolaan tanaman, hingga yang paling penting adalah budaya dan kesadaran hidup bersih dan budaya  kesadaran menjaga lingkungan.
Melihat potensi tersebut Kepala SMP Negeri 1 Dukuhturi, Bapak Indit Undiarto, S.Pd., M.M. meluncurkan program Sekolah Adiwiyata. Program ini diluncurkan pada hari senin 31 Oktober 2022 usai upacara bendera hari senin. Louncing sekolah Adiwiyata di tandai dengan pemukulan gong, oleh Kepala SMP Negeri 1 Dukuhturi bapak Indit Undiarto, S.Pd., M.M.  dan disaksikan oleh segenap civitas academika SMP Negeri 1 Dukuhturi. 
Sekolah adiwiyata atau dalam istilah internationalnya adalah Green School merupakan salah satu program Kementerian Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Untuk mensukseskan program ini tentu diperlukan partisipasi aktif seluruh warga sekolah yang juga melibatkan lingkungan sekitar. Oleh karena itu pak Dito panggilan akrab sang Kepala Sekolah senantiasa mengajak seluruh warga sekolah untuk mulai membiasakan, membudayakan kebiasaan hidup bersih dimulai dari diri sendiri dimanapun kita semua berada, sehingga di harapkan kebiasaan ini lama kelamaan menjadi budaya baik yang akan mendukung program sekolah adiwiyata. Iman, Selasa (1 November 2022) 

0 komentar:

Post a Comment