• Home
  • Lock.
  • RPP
  • RKAS
  • TGS Siswa
  • Daftar Isi
  • Alumnus
  • Kontak
  • Comments

PEMBELAJARAN MASA DARURAT COVID 19

Salah satu sistem pembelajaran yang di terapkan di SMP N 1 Dukuhturi dengan Cisco Webex

Sesuai dengan surat edaran mentri pendidikan dan kebudayaan no 4 tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran corona virus disease (Covid 19) maka SMP Negeri 1 Dukuhturi dengan sigap mengambil beberapa langkah kebijakan yang merujuk pada peraturan tersebut. yaitu melaksanakan pembelajaran secara Daring (Dalam Jaringan) atau dikenal dengan pembelajaran online.  Pembelajaran online bagi SMP Negeri 1 Dukuhturi bukan sesuatu yang baru. sejak tahun 2011 SMP Negeri 1 Dukuhturi telah menerapkan sistem pembelajaran online. Hanya saja saat itu masih terbatas pada beberapa mapel saja. Terutama mapel Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) saat itu. diawal peluncurannya SMP Negeri 1 Dukuhturi menggunakan pembelajaran secara online via Blog Pembelajaran. Kemudian berkembang dengan google sites, kemudian berkembang lagi dengan google doc dan google form dan quipper school,  dan inovasi terakhir yaitu pembelajaran berbasis android. 
Sejak di luncurkanya stay at home, work from home, study at home tgl 17 maret 2020 kemarin nampaknya sekolah sekolah wajib menyiapkan program pembelajaran khusus. Terkait dengan pembelajaran  khusus dimasa pandemi, Kepala SMP Negeri 1 Dukuhturi, Bapak Drs. Bagus Sutriyatno, M.Pd menginstruksikan kepada semua guru untuk menerapkan pembelajaran sistem online. Hal yang bekaitan dengan teknis diserahkan kepada guru seperti halnya aplikasi yang digunakan, metode dan lain lain disrehakna kepada ,asing masing guru. Kami percaya di Sturi banyak yang sudah terbiasa dengan pembelajaran online.  Beliau hanya menggaris bawahi point penting dalam pembelajaran ini adalah untuk memberikan kegiatan kepada siswa selama masa darurat covid, Yang kedua tidak memberatkan siswa maupun orang tua. Acuan kita adalah surat edaran mentri, demikian tutur beliau. 
Dari hasil pantauan tim redaksi terdapat beberapa aplikasi yang digunakan oleh guru guru SMP Negeri 1 Dukuhturi, Yaitu :

  1. CISCO WEBEX
  2. ZOOM
  3. YOUTUBE
  4. GOOGLE CLASSROOM
  5. QUIZEZ
  6. QUIPPER SCHOOL
  7. WHATSAPP

yang mensrik dari aplikasi di atas adalah cisco webex dan zoom. Kedua aplikasi ini merupakan aplikasi video conferensi. jadi dalam pembelajaran antara guru dan siswa bisa saling bertatap muka layaknya di kelas namun via video konferensi. jadi kedua aplikasi in sangat recomended untuk pembelajaran masa pandemi ini. kelebihan lain dari aplikasi ini adalah kemampuan untuk share conten yang lebih luas dan kemampuan merekam aktivitas pebelajaran dengan durasi lumayan panjang.

0 komentar:

Post a Comment