• Home
  • Lock.
  • RPP
  • RKAS
  • TGS Siswa
  • Daftar Isi
  • Alumnus
  • Kontak
  • Comments

KEGIATAN EKSKUL MENYARING BAKAT, MINAT, DAN POTENSI

KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DALAM RANGKA PENYARINGAN BAKAT, MINAT, DAN POTENSI
Salah satu wadah pembinaan peserta didik di sekolah adalah kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan – kegiatan yang diadakan dalam program ekstrakurikuler didasarkan atas tujuan kurikulum sekolah. Melalui kegiatan ekstrakurikuler yang beragam peserta didik dapat mengembangkan dan mengekspresikan bakat, minat, kreativitas, kemampuan/potensi, percaya diri dan kemandirian sehingga mampu membentuk karakter peserta didik yang baik, beriman, dan berakhlak mulia.
Kegiatan-kegiatan peserta didik di sekolah khususnya kegiatan ko/ekstrakurikuler merupakan kegiatan yang terkoordinasi terarah dan terpadu dengan kegiatan lain di sekolah, guna menunjang pencapaian tujuan kurikulum. Yang dimaksud dengan kegiatan terkoordinasi di sini adalah kegiatan yang dilaksanakan sesuai dengan program yang telah ditentukan. Dalam pelaksanaannya kegiatan ekstrakurikuler dibimbing oleh guru, dan jika dibutuhkan oleh pelatih, sehingga waktu pelaksanaan berjalan dengan baik. Dengan demikian, kegiatan ekstrakurikuler ikut andil dalam menciptakan tingkat kecerdasan yang tinggi.
Kegiatan ekstrakurikuler menjadi salah satu unsur penting dalam membangun kepribadian peserta didik. Seperti yang tersebut dalam tujuan pelaksanaan ekstrakurikuler di sekolah menurut Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan (1987) sebagai berikut:
1.    Kegiatan ekstrakurikuler harus meningkat kemampuan peserta beraspek kognitif, afektif dan dan psikomotor.
2.    Mengembangkan bakat dan minat peserta didik dalam upaya pembinaan pribadi menuju pembinaan manusia seutuhnya yang positif.
3.    Dapat mengetahui, mengenal serta membedakakan antara hubumgan satu pelajaran dengan pelajaran lainnya.
Dari tujuan ekstrakurikuler di atas dapat diambil kesimpulan bahwa ekstrakurikuler erat hubunganya dengan prestasi belajar peserta didik. Melalui kegiatan ekstrakurikuler peserta didik dapat bertambah wawasan mengenai mata pelajaran yang erat hubungannya dengan kegiatan tersebut. Yang membimbing peserta didik dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler adalah guru bidang studi yang bersangkutan. Melalui kegiatan ekstrakurikuler juga peserta didik dapat menyalurkan bakat, minat dan potensi yang dimilika. Salah satu ciri kegiatan ekstrakurikuler adalah keanekaragamannya, hampir semua minat remaja dapat digunakan sebagai bagian dari kegiatan ekstrakurikuler.
Hasil yang dicapai peserta didik setelah mengikuti pelajaran ekstrakurukuler dan berdampak pada hasil belajar di ruang kelas yaitu pada mata pelajaran tertentu yang ada hubungannya dengan ekstrakurikuler yaitu mendapat nilai baik pada pelajaran tersebut. Biasanya peserta didik yang aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler akan terampil dalam berorganisasi, mengelola, memecahkan masalah sesuai karakteristik ekstrakurikuler yang digeluti.

Ada beberapa ekstrakurikuler yang terdapat di SMP Negeri 1 Dukuhturi, diantaranya: Pramuka, Paskibra, PKS, PMR, Majalah Dinding (Mading), Sains Club IPA, Matematika, Bahasa Inggris dan IPS, Bina Vokalia dan Musik Rebana, Karawitan, Drum Band dan Calung, Keolaragaan Fulsal, Sepak Takraw, Tenis Meja, Bulutangkis, Sepak Bola dan Pencak Silat, Keagamaan ( Baca tulis Al-Qur’an dan Qiro ).








0 komentar:

Post a Comment