• Home
  • Lock.
  • RPP
  • RKAS
  • TGS Siswa
  • Daftar Isi
  • Alumnus
  • Kontak
  • Comments

PERINGATAN HARI KARTINI STURI CETAR MEMBAHANA BADAI

Keluarga Besar SMP Negeri 1 Dukuhturi dalam perayaan Hari Kartini dan Dies Natalis Sturi ke 37
Kamis 21 April 2016 merupakan hari lahir Raden Ajeng Kartini. Sosok pahlawan emansipasi wanita yang patut kita junjung tinggi, karena Raden Ajeng Kartini telah berjuang membela hak hak perempuan sejajar dengan kaum pria. Meski disana sini banyak pro dan kontra akan hal ikhwal predikat beliau sebagai pejuang emansipasi wanita, namun apapun itu berkat karya beliau dengan bukunya yang berjudul “Habis Gelap Terbitlah Terang” dan gerakan gerakan beliau membela kaum perempuan dengan mendirikan sekolah sekolah bagi kaum wanita patut kita hargai. Kini perayaan hari kartini telah membumi di persada Indonesia tercinta, tak ketinggalan di Kabupaten Tegal. Perayaan hari Kartini yang ke 137, di Kabupaten tegal dilaksanakan secara serentak tanggal 21 April 2016.

Lalu bagaimana dengan perayaan hari kartini di SMP Negeri 1 Dukuhturi ?

Sebagai sekolah yang pernah menyandang juara 1 Lomba Sekolah Berkarakter tingkat kabupaten tegal, perayaan hari kartini merupakan sebuah momen penting. Karena didalamnya tersirat banyak nilai nilai kebangsaan yang wajib kita teladani sebagai generasi penerus bangsa ini. Oleh karena itu Kepala SMP Negeri 1 Dukuhturi Bapak Drs. Abdul Jamil, SH. M.M.Pd melalui timnya yang dipandegani oleh bapak Suyadi, S.Pd merancang sebuah acara peringatan hari Kartini yang dibarengkan dengan perayaan hari ulang tahun SMP Negeri 1 Dukuhturi ke 37. Rangakaian acara Peringatan hari kartini ke 137 dan Dies Natalis STURI ke 37 meliputi :
1. Upacara Hari Kartini
2. Lomba Tumpeng
3. Lomba Sinok Sitong
4. Lomba Catwalk
5. Tasyakuran Hut kartini ke 137 dan Hut Sturi ke 37
Ke empat acara dilaksanakan dalam satu hari. Acara diawali dengan upacara peringatan hari kartini. Seperti tahun tahun sebelumnya, upacara menyambut hari kartini, petugas upacaranya mayoritas dari Ibu Guru. Ada hal yang unik dalam perayaan tahun ini, pada pembacaan riwayat Raden Ajeng Kartini disampaikan dalam 3 bahasa yaitu :
1. Bahasa Indonesia oleh Ibu Casipah, S.Pd
2. Bahasa Inggris Oleh Ibu Umi Nurchasanah, S.Pd
3. Bahasa Jawa Oleh Ibu Dwi Prasetyowati, S,Pd
Ruarrrr Biasa…… Ibu Ibu Guru menunjukan kompetensinya dalam bidang masing masing.
Bukan hanya itu, yang bikin Sturi Cetar Membahana Badai, pagi itu seakan SMP Negeri 1 Dukuhturi berubah menjadi sebuah kerajaan kecil bernama “Keraton Sturi” wajar saja karena Bapak bapak guru Sturi mengenakan BESKAP (Pakaian adat jawa) dan Ibu Ibu Guru mengenakan pakaian kebaya tak ketinggalan pula siswa siswi mengenakan pakaian adat jawa. Suasana keraton makin nampak terasa saat Gending mulai dilantunkan menandai acara peringatan akan segera dimulai. Peserta Lomba Tumpeng, Sinok sitong, catwalk pun segera menuju arena, untuk menampilkan karya karya anak bangsa. 

Sungguh diluar dugaan, acara pemilihan sinok sitong dan catwalk yang digelar dihalaman depan SMP Negeri 1 Dukuhturi disaksikan oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Masyarakat berduyun duyun menyaksikan gelar fashion adat jawa dan pemilihan sinok sitong. Antusiasme masyarakat untuk turut serta memeriahkan peringatan hari kartini ke 137 dan Dies Natalis Sturi ke 37 patut diacungi jempol, karena itu membuktikan partisipasi aktif masyarakat dalam mendukung pendidikan karakter khususnya di SMP Negeri 1 Dukuhturi.

Puncak acara Dies Natalis Sturi ke 37 dan hari Kartini ke 137 diadakan doa bersama dan tasyakuran yang dipimpin oleh Al Ustad Drs. Nahduddin Guru Agama SMP Negeri 1 Dukuhturi. Usai doa bersama dilanjutkan dengan sambutan dan potong tumpeng oleh Kepala SMP Negeri 1 Dukuhturi, Bapak Drs. Abdul Jamil, SH. M.M.Pd. Dalam sambutanya baliau menyampaikan terima kasih danpenghargaan yang setinggi tingginya kepada seluruh civitas akademika SMP Negeri 1 Dukuhturi yang telah menyukseskan acara perayaan Hari kartini dan Dies Natalis Sturi, hingga mendapat sambutan positif dari masyarakat. Beliau juga mengatakan, di usia yang ke 37 ini, SMP Negeri 1 Dukuhturi meski telah banyak prestasi yang telah diraihnya namun kita merasa belum Puas dengan capaian capaian kita saat ini, kita perlu terus tingkatkan mutu pembelajaran, kita tingkatkan pendidikan karakter kita hingga sesuai dengan target yang telah kita tentukan bersama. Demikian tutur beliau dalam sambutanya pada dies natalis SMP Negeri 1 Dukuhturi yang ke 37. 

Ya Allah ridloi dan ijinkan usaha usaha kami dalam melaksanakan tugas tugas kami sebagai abdi Negara, demi tercapainya tujuan pendidikan nasional dan demi tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia, Amin……
DIRGAHAYU SMP NEGERI 1 DUKUHTURI KE 37,
TERUSLAH BERBUAT YANG TERBAIK DEMI NEGERI TERCINTA
INDONESIA

1 komentar:

Sang pemerhati said...

STURI memang CEKATAN dan mantap.

Post a Comment