• Home
  • Lock.
  • RPP
  • RKAS
  • TGS Siswa
  • Daftar Isi
  • Alumnus
  • Kontak
  • Comments

WAJAH BARU PERPUSTAKAAN SMP N 1 DUKUHTURI

Wajah baru perpustakaan sturi

Perpustakaan merupakan elemen penting dalam sebuah lembaga pendidikan. Perpustakaan merupakan sarana penunjang yang diperuntukan bagi warga sekolah untuk mengexplorasi ilmu pengetahuan. Dengan adanya perpustakaan warga sekolah bisa mendapatkan berbagai referensi untuk kepentingan pembelajaran. Dengan Perpustakaan pula warga sekolah bisa mengembangkan pengetahuan yang diperolehnya. Itu semua merupakan sebagian kecil dari fungsi perpustakaan.

Sedikit menengok perpustakaan di SMP Negeri 1 Dukuhturi, dari tahun ke tahun selalu mengalami perubahan dan kemajuan. Sebenarnya perpustakaan Sturi sudah lama ada ada, seiring dengan berdirinya sekolah. Namun kelayakan sebuah perpustakaan yang memenuhi standar, itu yang baru mendapat perhatian serius akhir akhir ini. Dulu perpusatakaan hanya sebagai sarana menyimpan buku paket yang digunakan untuk pembelajaran. Sehingga akan ramai pengunjung hanya di awal ajaran baru dan akhir ajaran, dalam tenggang waktu itu sepi pengunjung. Upaya peningkatan minat baca pun dilakukan dengan memberikan reward kepada pengunjung teraktif. dalam satu semester mendapat hadiah. Upaya ini pun mampu meningkatkan pengunjung perpustakaan. Kemudian ditingkatkan lagi dengan penambahan koleksi buku yang lebih lengkap sehingga diharapkan akan mampu memenuhi semua kebutuhan buku. Hingga kini berdasarkan informasi dari petugas perpustakaan Sturi, Perpustakaan sturi gak pernah sepi, selalu ramai pengunjung, hanya saja koleksi buku kita memamng telah lengkap untuk memenuhi kebutuhan buku pelajaran namun untuk seri buku pengetahuan perlu adanya penambahan, demikian kata
Wina Andriyani petugas perpustakaan.
Ibu Tjasipah, S.Pd selaku koordinator perpusatakaan juga selalu memantau perkembangan perpustakaan sturi, beliau juga membenarkan hal itu, namun kalau melihat jumlah pengunjung, pada saat ramai, perpustakaan kita meskipun besar namun belum belum nyaman.
Melihat kondisi itu kepala SMP N 1 Dukuhturi melakukan beberapa langkah antara lain dengan menciptakan suasana perpusatakaan yang mencerminkan wahana ilmu pengetahuan. Antara lain dengan menambahkan beberapa instrumen dasar perpustakaan, seperti halnya visi misi perpus, dan adminstrasi lainya.
Berikut ini visi misi perpustakaan SMP Negeri 1 Dukuhturi yang terpampang di dinding ruang perpus sturi :

Visi :

Terbangunnya semangat siswa siswi gemar belajar melalui peningkatan dan pemberdayaan pengetahuan pendidikan, pengetahuan dan teknologi, sosial dan budaya serta gemar membaca.


Misi :
  1. Menciptakan dan mengembangkan minat dan kebiasaan membaca bagi siswa siswi.
  2. Menyediakan bahan bahan informasi, penerangan dan data serta pengetahuan ilmiah untuk mewujudkan perpustakaan sebagai pusat rujukan dan penelitian.
  3. Mendorong memelihara dan membina semangat belajar siswa siswi sekolah.
  4. Membangun semangat hiburan melalui kegemaran membaca, penjelajahan ilmu pengetahuan.
  5. Membekali pengetahuan dan pedoman untuk meningkatkan kehidupan dan pemberdayaan masyarakat sesuai dengan kemajuan ilmu teknologi soaial dan budaya


0 komentar:

Post a Comment