• Home
  • Lock.
  • RPP
  • RKAS
  • TGS Siswa
  • Daftar Isi
  • Alumnus
  • Kontak
  • Comments

NGAJI BARENG EDISI FEBRUARI 2016


Ngaji bareng edisi Februari 2016 dilaksanakan pada hari jumat 26 Februari 2016. Pada edisi kali ini SMP Negeri 1 Dukuhturi menghadirkan Kyai Burhanudin Barmawi dari Tegal. Dalam Taosiyahnya beliau menyampaikan tentang "Pentingnya Birul Walidain". Birul walidain adalah berbakti kepada orang tua. Berbakti kepada orang tua hukumnya adalah wajib, sebagaimana telah difirmankan oleh Allah SWT dalam Al-Qur'an surat Al-Isro ayat 23.
وَقَضَىٰ رَبُّكَ أَلَّا تَعْبُدُوا إِلَّا إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا

Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya” (QS. Al Isra: 23)

Oleh karena itu berbuat baik kepada orang tua dalam Islam hukumnya wajib, bukan sekedar memenuhi norma susila, norma kesopanan, lebih dari itu birul walidain merupakan perintah Allah SWT yang wajib dilaksanakan oleh setiap muslim.Anak yang berbakti kepada orang tua merupakan salah satu ciri anak yang soleh. Anak sholeh senantiasa menghormati dan menghargai orang tua dan senantiasa mendoakan orang tua. Termasuk didalamnya adalah Guru sebagai orang tua disekolah. Jika senantiasa menghormati orang tua, menghormati guru-gurunya maka insya Allah kelak jika kalian menjadi orang tua, maka anak-anaknya juga akan menghormati juga. jika kelak menjadi guru murid muridnya juga juga akan menghomatimu.
Jangan bermimpi dihormati jika kalian sendiri tidak menghormati orang tua / guru. Demikian tutur beliau dalam tausiyahnya dalam acara ngaji bareng kyai edisi februari.
Dalam kesempatan tersebut Kepala SMP Negeri 1 Dukuhturi Bapak Drs. Abdul Jamil, SH, M.M.Pd juga menyampaikan beberapa hal yang berkaitan dengan pentingnya menghormati dan menghargai orang tua / guru. Beliau menyampaikan salah satu bentuk sederhana rasa menghormati dan menghargai orang tua/guru adalah mendengarkan jika orang tua berbicara/menasehati dan kemudian dilaksanakan. 
Hal ini juga ditegaskan kembali oleh Kyai Burhanudin barmawi, beliau menyampaikan salah satu solusi supaya senantiasa mendengarkan saat diberi nasehat adalah dengan selalu membiasakan diri membaca Al-Qur'an. Anak yang rajin membaca Al-Quran pasti akan selalu mendengarkan orang tua yang sedang memberikan nasehat atau bimbingan. demikian tegas beliau saat mengawali taosiyahnya.










0 komentar:

Post a Comment