• Home
  • Lock.
  • RPP
  • RKAS
  • TGS Siswa
  • Daftar Isi
  • Alumnus
  • Kontak
  • Comments

KEPALA SEKOLAH SMP N 1 DUKUHTURI IKUTI PRODEP DI LP2KS

Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Dukuhturi, Bapak Drs Abdul Jamil saat menyampaikan sosialisasi hasil Prodep 2016 di LPPKS karanganyar.
Prodep merupakan kepanjangan dari "Professional Development for Education Personnnel". Sebuah program pendidikan dan pelatihan yang diperuntukan bagi Kepala Sekolah, pengawas maupun guru guna peningkatan  dan pengembangan pengelolaan Sekolah. Prodep merupakan program yang merupakan hasil kerja sama pemerintah Indonesia dengan pemerintah Australia, yang rekruitmen pesertanya  memalui beberapa tahapan seleks. Program inidilakukan sejak 2014 hingga 2016. 
Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Dukuhturi Bapak Drs. Abdul Jamil, SH.M.M.Pd, terpilih untuk mengikuti program Prodep tahun ini. Sungguh merupakan sebuah prestasi bagi Kepala Sekolah yang berkesempatan mengikuti program ini. Fasalnya tidak semua kepala sekolah  berkesempatan mengikuti program ini. Program yang dilaksanakan pada tanggal 11 hingga 15 Februari 2016 ini bertempat di LPPKS atau dikenal dengan istilah LP2KS. LPPKS sendiri merupakan sebuah lembaga pengembangan dan pemberdayaan kepala sekolah yang bertempat di Desa Jati Kuwung Gondang rejo Karanganyar, yang baru diresmikan beberapa waktu yang lalu. 
Usai Mengikuti program Prodep Kepala SMP Negeri 1 Dukuhturi langsung mengadakan sosialisasi hasil Prodep kemarin. Sosialisasi dilaksanakan pada hari Rabu, 17 Februari 2016 di Aula Guru.
Seperti dituturkan Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Dukuhturi bahwa Suasana kompetisi antar peserta Prodep sangat terasa pada pelaksanaan Prodep di LP2KS desa kuwung gondang rejo karanganyar, oleh karena itu program ini sangat berefek pada kompetensi pesertanya, sebagai bekal untuk pengembangan dan pengelolaan disekolah masing masing.
Dari pelaksanaan yang telah di ikuti Kasek Sturi secara garis besar terdapat dua materi utama sebagai Bahan Pembelajaran Utama Yaitu : 
  1. Membahas tentang RKJM (Rencana Kerja Jangka Menengah) , RKS (Rencana Kerja Sekolah), RKAS (Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah).
  2. Pengelolaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan.
Banyak Hal yang perlu dilakukan peningkatan pada pengelolaan guna pengembangan Sturi. yang paling pokok adalah RKJM / RKAS, karena hal ini merupakan "RUH" nya sekolah. Oleh karena itu perlu dilakukan pengkajian lebih lanjut. Hal lain yang tidak kalah penting adalah pengelolaan Pendidik dan tenaga kependidikan. Menurut beliau dalam pengelolaan Pendidik dan tenaga kependidikan perlu dilakukan
beberapa tahapan antara lain perlu adanya analisa kebutuhan pendidik dan tenaga kependidikan berdasarkan jumlah siswa, beban studi siswa, jumlah kelas dan beban mengajar, bagi guru. 
Banyak hal yang didapat dari Prodep karanganyar kemarin untuk pengembangan sekolah kita, oleh karena itu Kepala SMP Negeri 1 Dukuhturi selalu mengajak untuk selalu meningkatkan kompetensinya dengan memngikuti beberapa kegiatan pelatihan pelatihan. Khusus bagi para guru senior sturi yang telah memiliki beberapa prestasi, Kepala SMP Negeri 1 Dukuhturi Bapak Drs Abdul Jamil, SH. M.M.Pd tak henti hentinya mengajak dan mendorong untuk mengikuti seleksi Calon Kepala Sekolah.
Demikian paparan Kasek sturi pada sosialisasi hasil Prodep di LPPKS karanganyar. Semoga dapat diaplikasikan guna pengembangan Sturi kearah yang lebih maju.




0 komentar:

Post a Comment