• Home
  • Lock.
  • RPP
  • RKAS
  • TGS Siswa
  • Daftar Isi
  • Alumnus
  • Kontak
  • Comments

STURI LUNCURKAN APLIKASI MOBILE BERBASIS ANDROID


Salah satu nilai plus dari SMP Negeri 1 Dukuhturi adalah pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi informasi. Inilah salah satu ciri khas dari SMP Negeri 1 Dukuhturi. Tak heran jika dalam logo SMP Negeri 1 Dukuhturi terpampang gambar laptop dan bola dunia. Gebrakan demi gebrakan telah dilalui, dimulai dari peluncuran website sekolah berikut pemanfaatanya untuk pembelajaran sampai pada peningkatan sumber daya guru pengampu mata pelajaran. Kini guru SMP Negeri 1 Dukuhturi telah terbebas dari Gaptek. Semua guru SMP Negeri 1 Dukuhturi telah memanfaatkan teknologi informasi dalam pembelajaran. Hal ini dapat terlihat dari beberapa hal antara lain :
  1. Tak ada satupun guru SMP Negeri 1 Dukuhturi yang tidak memiliki Laptop.
  2. Guru SMP Negeri 1 Dukuhturi mampu mengoperaskan komputer/laptop
  3. Guru SMP Negeri 1 Dukuhturi mampu menggunakan LCD Proyektor dalam pembelajaran. 
  4. Guru SMP Negeri 1 Dukuhturi mampu menggunakan Internet untuk pembelajaran maupun menambah wawasan guna meningkatkan kinerja sebagai guru
Dari ke empat hal tersebut cukup menggambarkan  nilai plus dari SMP Negeri 1 Dukuhturi. 
Disamping itu SMP Negeri 1 Dukuhturi juga telah memiliki wahana informasi publik berupa website sekolah. Banyak sekolah sekolah bahkan mayoritas telah memiliki website sekolah. Namun biasanya hanya sebagai syarat untuk akreditasi saja setelah itu mangkrak bahkan mati/expired dan ini fakta. Lain halnya dengan Website SMP Negeri 1 Dukuhturi sejak awal peluncuranya hingga kini tetap uptodate. Informasi yang disampaikan publik tetap tetap segar sebagai corong informasi publik seputar perkembangan SMP Negeri 1 Dukuhturi serta sebagai sarana belajar bagi siswa melalui tugas tugas secara mandiri maupun kelompok lewat website.
Seiring perkembangan teknologi kini dunia digemparkan dengan gadget. Akses informasi cepat via Mobile smart phone atau Android seakan dunia berada di ujung jari. Publik dapat memperoleh informasi segar maupun berinteraksi dengan orang dari belahan bumi manapun cukup dengan gadget melalui berbagai aplikasi. Boming user smartphone atau android telah mengalahkan Laptop karena lebih simple.Dari fakta dilapangan pengunaan smartphone atau android telah memasuki berbagai kalangan. Mulai dari anak-anak, hingga dewasa, mulai dari kalangan pelajar , pengusaha hingga masyarakat biasa. 
Hal ini merupakan sebuah potensi dan peluang besar jika mampu mengelaola dengan baik dan bijak. Melihat hal tersebut SMP Negeri 1 Dukuhturi akan meluncurkan Aplikasi Babe Sturi (Baca Berita Sturi). Aplikasi ini berbasis android dan digunakan pada smartphone. Rencana Peluncuran Babe Sturi ini dipicu oleh fakta yang mengejutkan, yaitu meskipun SMP Negeri 1 Dukuhturi telah memiliki website yang selalu update setiap saat yang dishare via jejaring sosial, namun informasi yang disampaikan belum mengena sasaran sesuai target. Faktanya informasi yang dishare via jejaring sosial hanya sekedar Like saja tanpa membaca isi link terutama dikalangan pelajar sturi itu sendiri. Guna mensiasati hal itu supaya informasi yang disampaikan mengena dan dapat dikonsumsi publik dengan baik sehingga publik mengetahui perkembangan SMP Negeri 1 Dukuhturi tanpa melalui browser maka tim IT SMP Negeri 1 Dukuhturi meluncurkan Aplikasi Mobile Berbasis Android yang dinamakan "BABE STURI". Sesuai namanya Babe Sturi artinya Baca berita sturi. Peluncuran Aplikasi ini merupakan Program Tim ICT SMP Negeri 1 Dukuhturi yang di koordinatori oleh Bapak M. Tarjono, S.Pd.
Tim ICT Sturi, memiliki dua bidang yang secara khusus menangani hal hal yang berkaitan dengan data dan informasi publik, Yaitu Bagian Data Kependidikan oleh Bapak Aminul Haq, S.Pd dan Bagian Pengelola Website Sekolah Bapak Iman Hadi Purwono, S.Pd. Bagian Pengelola website inilah yang mengembangkan Aplikasi berbasis android.
Bapak M. Tarjono, S.Pd selaku koordinator Tim ICT Sturi, mengatakan akan terus mengembangkan aplikasi ini bukan sebatas web view saja melainkan kedepan akan mengembangkan konten konten pembelajaran berbasis Android atau smartphone, sehingga diharapkan dengan banyaknya konten pembelajaran akan mampu memberikan kontribusi terhadap peningkatan prestasi belajar siswa SMP Negeri 1 Dukuhturi. Demikian demikian tutur beliau saat ditemui diruang kerjanya.
Terkait pengembangan Aplikasi ini, Kepala Sekolah Bapak Drs. Abdul Jamil, SH. M.M.Pd, menyambut baik program tersebut karena memudahkan kita untuk mengakses informasi tentang perkembangan Sturi. Beliau juga telah menginstal aplikasi tersebut pada Android  miliknya baru baru ini. Bagi warga Sturi yang belum memiliki aplikasi ini bisa langsung hub Tim ICT Sturi.

0 komentar:

Post a Comment