• Home
  • Lock.
  • RPP
  • RKAS
  • TGS Siswa
  • Daftar Isi
  • Alumnus
  • Kontak
  • Comments

STURI ADAKAN RAPAT PERSIAPAN MONITORING EVALUASI

Ka Sek Sturi Drs. Abdul Jamil, SH, M.M.Pd saat memimpin rapat bersama Tim
Sebagai salah satu sekolah yang telah mengantongi akreditasi A, tentu hal ini merupakan sesuatu yang  membanggakan bagi segenap civitas akademika SMP Negeri 1 Dukuhturi. Capaian demi capaian yang telah terlaksana tentu tak lepas dari bobot kinerja stakeholder sturi. Hal ini tak lepas dari Kepala Sekolah selaku pemangku kebijakan sekolah. Kemampuan kepala sekolah dalam me-manage sekolah sebagai sebuah lembaga atau organisasi merupakan salah satu hal penting kaitanya dengan kemajuan sekolah. Hal lain yang tak kalah penting adalah kemampuan Kepala Sekolah dalam mengkomunikasikan dan mengkoordinasikan semua komponen sekolah guna tercapainya tujuan sekolah sebagai institusi pemerintah dalam memajukan pendidikan nasional. Itulah dua hal penting yang menjadi kata kunci stabilitas sekolah yang kondusif.
Untuk mengukur sejauh mana stake holder sekolah berhasil dalam pengelolaanya diperlukan sistem yang dapat mengukur keberhasilan kinerja sekolah sebagai intitusi pemerintah bidang pendidikan. Salah satunya adalah Monitoring dan Evaluasi atau sering disebut Monev atau ME. Hasil dari monev atau ME, menjadi dasar pengambilan keputusan baik tingkat sekolah maupun diatasnya.
Banyak persepsi kontra produktif yang berkembang katanya dengan Monev atau ME, padahal hakikinya adalah hanya sebagai alat untuk mengukur sejauh mana keberhasilan suatu intitusi dalam pengelolannya. Bagaimana mungkin suatu intitusi dikatakan berhasil dalam pengelolannya tanpa adanya standar pengukuran yang jelas.
Dalam rangka itu maka Kepala SMP Negeri 1 Dukuhturi menggelar rapat koordinasi persiapan monitoring dan evaluasi bersama dengan tim pengelola. Dalam rapat tersebut dibahas mengenai capaian capaian yang meliputi 6 komponen yaitu :
  1. Kepribadian dan Sosial ( 7 kriteria)
  2. Kepemimpinan Pembelajaran ( 10 kriteria)
  3. Pengembangan Sekolah ( 7 kriteria)
  4. Manajemen Sumber Daya ( 8 kriteria)
  5. Kewirausahaan ( 5 kriteria)
  6. Supervisi Pembelajaran ( 3 kriteria)
Selain Monev, rapat tersebut juga membahas berbagai hal tentang program sekolah, antara lain peringatan Dies Natalis STURI 2016 dan Rengiat Hari Kartini 2016.
Inilah wujud kerja cerdas Kepala SMP Negeri 1 Dukuhturi, denga  segala capaian yang telah diraihnya. Semoga dengan kerja cerdas bersama dengan Tim pengelola akan mampu menjadi indikator keberhasilan Sturi dalam pengelolaanya.





0 komentar:

Post a Comment