• Home
  • Lock.
  • RPP
  • RKAS
  • TGS Siswa
  • Daftar Isi
  • Alumnus
  • Kontak
  • Comments

DUTA JAMBORE NASIONALISME KARAKTER BANGSA JUARA III TINGKAT PROPINSI JATENG


Perjalanan panjang sejak dinobatkannya SMP N 1 Dukuhturi sebagai Duta Jambore Nasionalisme Karakter Bangsa dari Kabupaten Tegal, akhirnya membuahkan hasil. Kabupaten Tegal Raih 2 Tropi, satu diantaranya adalah diraih oleh SMP N 1 Dukuhturi. Kegiatan Jambore Nasionalisme Karakter Bangsa ini merupakan bentuk aksi daerah pada pembinaan nasionalisme melalui jalur pendidikan yang diprakarsai oleh Kodam IV Diponegoro bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Provinsi Jatengah dan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jateng. Kegiatan Jambore Nasionalisme Karakter Bangsa Tingkat Propinsi Jateng ini dipusatkan di MAYONIF 413 Bremoro, mojolaban Sukoharjo. Di ikuti oleh kontingan dari 34 Kabupaten Kota se Propinsi Jateng atau sekitar 1400 siswa yang meramaikan kegiatan ini. Dari 1400 siswa tersebut terdiri dari berbagai unsur, mulai Pramuka, Osis, PMR, Paskibra maupun KIR.
Kegiatan ini bertujuan memupuk Nasionalisme dikalangan para pelajar dan juga merupakan salah satu bentuk kegiatan pendahuluan bela negara. Dalam kegiatan tersebut peserta dibekali wawasan kebangsaan yang meliputi 5 Pilar kebangsaan yaitu : Pancasila, UUD 45, Bhineka Tunggal Ika, NKRI, dan Bendera Merah Putih. 
Bentuk kegiatan jambore dikategorikan menjadi dua bagian kegiatan bersifat Lomba dan Non Lomba. Kegatan Lomba meliputi : Orasi Kebangsaan, Safari 5 pilar, Pertendaan, Seni Tradisional Jawa Tengah. Sedangkan non Lomba meliputi Jumpa Tokoh Perjuangan, Ceramah 5 Pilar kebangsaan, permainan tradisional, bhakti sosial dll. Meski persainagn yang begitu ketat akhirnya SMP N 1 Dukuhturi raih juara III kategori Pertendaan pada Jambore Nasionalisme Karakter Bangsa Tingkat Provinsi Jawa Tengah dan mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp. 5 jt.
Ada hal yang unik yang mampu membawa nama baik Kabupten Tegal menjadi Cetar membahana Badai, yaitu dengan kehadiran Calung Sturi dalam arena tersebut. Dengan Lagu Yuk Keep Smile nya caesar yang dilantunkan dengan calung membuat goyang semua peserta dan panitia bahkan anggota TNI di Mayonif 413 Bremoro pun turut bergoyang. Anggota TNI yang saat itu sedang melakukan perawatan senapan laras panjang mendadak gabung bergoyang bersama seluruh peserta Jambore. 
Bapak Heri Samsu salah satu pejabat yang juga mendampingi memberikan Apresiasi yang tinggi beliau mengatakan " Anak anak SMP N 1 Dukuhturi semangatnya Luar Biasa, dan kreatif, apalagi dengan kehadiran calung yang dimainkan anak SMP N 1 Dukuhturi sangat mendongkrak nilai kontingen Kabupaten Tegal" demikian tukas beliau saat menyaksikan aksi anak SMP N 1 Dukuhturi dan sesekali juga turut bergoyang bersama. 
Kepedulian Kepala Sekolah pada kegiatan ini juga sangat luar biasa, hingga Bapak Drs. Alfatah, M.Pd menyempatkan diri bersama rombongan Kaur menjenguk peserta. Kehadiran beliau sangat berarti bagi Duta dari SMP N 1 Dukuhturi, karena dengan kehadiran beliau sangat memotifasi adik adik dari SMP N 1 Dukuhturi. 
Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 29-31 Oktober 2013 merupakan kegiatan yang sangat positif guna memupuk jiwa nasionalisme sehingga krisis identitas sebagai bangsa akan dapat teratasi dan kelak akan lahir pemimpin pemimpin bangsa yang berwawasan dan berkarkter Indonesia.
Kegiatan ini didampingi oleh 4 orang pendaping yang terdiri dari :
1. Utusan Kodim 0712 yaitu Sertu Aris Wicaksono
2. Utusan Dinas Dikpora Kab Tegal Bapak Heri Samsu
3. Utusan Kwarcab Kak Sopan Efendi, S,Pd
4. Utusan Pembina dari Sekolah Bapak Iman Hadi Purwono, S.Pd

Pengiriman duta Jambore Nasionalisme Karakter Bangsa menggunakan kendaraan Truk dari Yonif 407 Padma Kusuma.
Semoga dengan Jambore Nasionalisme Karakter Bangsa mampu memotifasi pelajar agar lebih mencintai dan bangga pada Bangsa Indonesia. Salam ABITA.


0 komentar:

Post a Comment