• Home
  • Lock.
  • RPP
  • RKAS
  • TGS Siswa
  • Daftar Isi
  • Alumnus
  • Kontak
  • Comments

CERDAS MENGHADAPI UJIAN


CERDAS MENGHADAPI UJIAN

Oleh : Singgih Pujanto, S.Pd
            Berbagai macam ulangan or ujian merupakan momok yang sangat menyeramkan bagi kita, sudahkah siap menghadapinya ? Macam-macam cara ditempuh guna memperoleh keberhasilan, mulai dari ngikuti bimbingan belajar, jam pelajaran tambahan, en latihan soal on line, tapi tetep aja merasa nggak mampu alias ngga siap. Wah … ngeri juga nich.
            Yap, sebelum terlambat kita masih punya kesempatan berburu nilai-nilai bagus dengan mempraktikan tip cerdas ini !
1.     Pelajari kisi-kisi atau rambu-rambu ulangan/ujian tersebut, mintalah kepada bapak/ibu guru kita. Kisi-kisi dipahami lalu buatlah soal-soal sebagai prediksi yang bakal keluar. Semakin banyak soal prediksi ulangan/ujian yang kita buat semakin baik lho …
2.    Rajin mengerjakan latihan soal. Lalap abis ya, semua buku yang berisi latihan soal. Di internet juga ada segudang tuh …latihan soal yang siap kita garap. Bertanya ke bapak/ibu guru juga boleh, jika ketemu soal yang nggak tahu jawabannya. Nggak ada salahnya kita cari info dari kakak kelas tentang soal-soal yang udah pernah keluar.
3.    Persiapkan bahan-bahan bacaan lain yang bisa menunjang bahan pelajaran. Jangan lupa, periksa kelengkapan catatan pelajaran dengan teman-teman.
4.    Buat daftar materi-materi ulangan/ujian fren. Kelompokkan materi yang udah dikuasai, yang baru sebagian dikuasai, en yang belum dikuasai sama sekali. Ini akan membantu kita melakukan prioritas dalam belajar.
5.    Jangan buat jadwal belajar yang kelewat mepet. Sebab, untuk ngumpulin materi-materi pelajaran yang masih belum lengkap, termasuk fotokopi bahan pelajaran, pasti perlu waktu kan ? Karena itu, buatlah jadwal belajar sesederhana mungkin agar berhasil naik kelas/lulus dengan nilai yang ciamik alias top.
6.    Belajar kelompok bersama-sama teman, why not ? Dengan begitu, kita yang senasib en seperjuangan bisa saling memberi dukungan, bertukar info tentang soal-soal yang diharapkan akan keluar, lalu mengerjakan bersama-sama, siiplah …
7.    Berdoa. So pasti, yang satu ini jangan ditinggal ya … sob. Segala daya en upaya yang kita lakuin, pasrahin aja ama ALLAH SWT Yang Maha Kuasa. Kita manusia, hanya bisa berencana en berusaha selebihnya Yang Maha Besar lah yang nentuin, ok ?
Sukses seringkali datang pada mereka yang selalu berani bertindak, en jarang sekali menghampiri penakut yang nggak berani mengambil konsekuensi.  Ingat ya … bro, Man Jadda Wa Jadda ( siapa yang bersungguh-sungguh akan menikmati hasilnya ). Selamat berjuang, kita pasti bisa !                        

0 komentar:

Post a Comment