• Home
  • Lock.
  • RPP
  • RKAS
  • TGS Siswa
  • Daftar Isi
  • Alumnus
  • Kontak
  • Comments
temp
temp
scotch egg
temp
temp
scotch egg
temp-thumb
temp-thumb
temp-thumb
temp-thumb
temp-thumb
temp-thumb

KEPALA DINAS DIKPORA KAB TEGAL RESMIKAN NAMA MUSHOLLA SMPN 1 DUKUHTURI

Salah satu ciri dari sekolah berkarakter adalah adanya tempat Ibadah yang memadai. SMP N 1 Dukuhturi  sebagai sekolah yang telah menyandang Juara 1 sekolah  berkarakter tingkat Kab. Tegal tentu telah memiliki sebuah Musholla yang cukup memadai. Musholla SMP N 1 Dukuhturi mulai berdiri sejak tahun 1994. Namun demikian sejak berdirinya hingga sekarang belum memiliki nama yang resmi. Oleh karena itu Kepala Sekolah SMP N 1 Dukuhturi Bapak Drs. Alfatah, M.Pd segera memberikan nama "Mushola Nurul Falah" SMP N 1 Dukuhturi, yang artinya Cahaya Keberuntungan.  Sebenarnya pemberian nama mushollah ini telah direncanakan sejak awal beliau menjabat Kepala Sekolah SMPN 1 Dukuhturi. Pemberian nama Musholah Nurul Falah ini tentu saja telah melalui serangkaian proses yang melibatkan berbagai fihak terkait dan telah melalui Uji Publik kepada seluruh warga sekolah hingga akhirnya lahir sebuah nama "Nurul Falah".

Pemberian Nama Mushola Nurul Falah ini bertujuan untuk lebih mengoptimalkan penggunaan tempat ibadah   sebagai pusat kegiatan keagamaan di SMP N 1 Dukuhturi. 
Peresmian nama dilaksanakan bertepatan dengan Peringatan Maulud Nabi Muhammad SAW. Sebuah Momen yang sangat tepat yang telah melahirkan sebuah momentum sejarah yang tentu luar biasa. Peringatan Maulud  Nabi Muhammad SAW sebuah peringatan menyambut kelahiran baginda Nabi Agung Akhiruz zaman Muhammad SAW seorang arif yang telah diutus Allah SWT untuk menuntun umat kejalan yang diridloi Allah SWT. Peringatan maulud nabi yang diselenggarakan Osis SMP N 1 Dukuhturi ini nampaknya disambut meriah oleh seluruh siswa. Fasalnya disamping ada momen bersejarah pemberian nama musholah juga ditampilkan beberapa kreasi siswa dari berbagai ekskul seperti Rebbana Sturi dengan solawatnya, Paduan suara dengan tembang - tembang bernuansa Islami, Gending Penyambutan Lancaran Gambuh Mars  SMP N 1 Dukuhturi dari Ekskul Karawitan "Tunas Irama" SMP N 1 Dukuhturi.
Hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Tegal yang sekaligus meresmikan nama Mushola Nurul Falah dan Penanda tanganan prasasti peresmian mushola. Dalam kesempatan tersebut beliau sampaikan tentang pentingnya kegiatan keagamaan dalam pembentukan karakter bagi siswa. Beliau juga merasa bangga dengan SMP N 1 Dukuhturi karena melihat kegiatan ekstra yang bernuansa budaya lokal seperti Rebana dan karawitan SMP N 1 Dukuhturi tumbuh pesat, Hal ini berarti SMP N 1 Dukuhturi mampu melesatarikan budaya luhur bangsa yang dalam Istilah jawa disebut sebagai "Nguri-uri budaya" Beliau juga bangga dengan penampilan dan bakat-bakat siswa SMP N 1 Dukuhturi  yang bernuansa Islami.
Kepala SMP N 1 Dukuhturi dalam sambutnya menyampaikan perkembangan dan kemajuan yang ada selama kepemimpinan beliau, antara lain pencapaian Akreditasi A dan predikat calon SSN, serta prestasi  guru dan siswa seperti predikat juara I lomba Desain Grafis tingkat Kabupaten Tegal, Juara pencak silat yang sempat memperoleh 8 Medali emas sekaligus dalam satu even.
Acara peresmian ini juga di hadiri oleh Kepala Dinas Dikpora Kecamatan dan Kepala Sekolah SMP N 2 Dukuhturi, Kepala Desa Kepandean serta Jajaran Komite Sekolah.
Sebagia puncak acara dalam peringatan Peresmian Nama Musholah dan Peringatan Maulud Nabi Muhammad SAW adalah Hikmah Mauidloh Khasanah yang disampaikan Oleh Almukarom K.H. Alwi mantan direktur Cabang BRI Kab. Brebes. Dengan gaya beliau seakan semua yang hadir terhipnotis enggan untuk  beranjak. Beliau sampaikan tentang Baginda Rosulullah sebagai panutan kita dalam menjalani hidup.
Ada hal yang unik dari musholah Nurul Falah ini. Tanpa di duga Mushola Nurul Falah telah mencetak generasi-generasi pemimpin bangsa. Siswa SMP N 1 Dukuhturi tentunya biasa sholat di Mushola ini dan ternyata banyak dari siswa SMP N 1 Dukuhturi yang telah menjadi pemimpin. Hal ini diperkuat oleh Pernyataan Kepala Desa Kepandean , dalam sambutannya saat mempimin doa penutup beliau sampaikan "Masih teringat kala itu saat pilkades di desa Kepandean dan dirinya adalah salah satu calon kades saat itu. Beliau menyempatkan Sholat di Mushola SMP N 1 Dukuhturi yang waktu itu belum meiliki nama. dan ternyata Atas izin Allah beliau akhirnya menang dan hingga kini menjabat sebagai Kepala Desa Kepandean. Sehingga seperti gayung berssambut. Nama Nurul Falah yang berarti Cahaya keberuntungan telah dibuktikan sendiri oleh Kepala Desa Kepandean.
Semoga Dengan peringatan dan peresmian musholah ini SMP N 1 Dukuhturi mampu mengoptimalkan kegiatan keagamaan yang telah berjalan selama ini.

























3 comments:

Mukmin Ivan mengatakan...

SMPN 1 DUKUHTURI baguuuus dalam SAINT dan Pengetahuan Umum...trima kasih para pengajar SMPN 1 Dikuhturi.....

Mukmin Ivan mengatakan...

SMPN 1 DUKUHTURI baguuuus dalam SAINT dan Pengetahuan Umum...trima kasih para pengajar SMPN 1 Dikuhturi.....

SMP N 1 DUKUHTURI mengatakan...

terims kasih mas mukmin, atas perhatian dan dukungan pada SMP N 1 Dukuhturi, doakan kami semua agar mampu mewujudkan visi dan misi SMP N 1 Dukuhturi

Poskan Komentar