• Home
  • Lock.
  • RPP
  • RKAS
  • TGS Siswa
  • Daftar Isi
  • Alumnus
  • Kontak
  • Comments

WORKSHOP DAN OUTBOND PENINGKATAN MUTU SEKOLAH MENUJU SSN

Inovasi Tiada henti begitulah yang selalu dirasakan warga Sturi saat ini dibawah Pimpinan Bapak Kepala Sekolah Drs. Alfatah, M.Pd. Fasalnya waktu demi waktu yang terus bergulir seakan tiada luput dari perubahan yang kerap kali mengiringi perkembangan SMP N 1 Dukuhturi. Kepala Sekolah yang dikenal "Visioner" dan Smart ini memang paling jago dalam hal Inovasi. Lihat saja meskipun baru satu tahun beliau menjabat sebagai Kepala Sekolah, sudah banyak kemajuan baik kemajuan fisik, Prestasi, bahkan perubahan sistem kerja yang makin kondusif dan terarah dengan hadirnya SOP disetiap item kegiatan. SOP inilah yang  menjadi rujukan dalam pelaksanaan tugas, sehingga seluruh komponen sekolah mampu bekerja sesuai prosedur dan tanggung jawab masing-masing. 

Perubahan sistem yang telah diterapkan beliau di SMP N 1 Dukuhturi melahirkan suasana kekeluargaan dan kerjasama. Tiada lagi istilah paling punya peran, tiada lagi paling berpengaruh. Sistem yang beliau terapkan mengubah suasana menjadi saling terikat, saling terkait, dan semua punya peran dan tanggung jawab. Semua punya tanggung jawab yang sama dan saling membutuhkan. Ini semua telah diakui dan sekaligus dirasakan oleh seluruh komponen Sturi. Inilah yang disebut sebagai perubahan Paradigma.

Dalam hal Mutu SMP N 1 Dukuhturi telah menyandang predikat sekolah berkarakter, telah mengantongi  Akreditasi "A" yang artinya telah berhak menyandang predikat sebagai Sekolah Standar Nasional yang saat ini tinggal menunggu Surat Keputusan (SK SSN).
Kegiatan pelatihan dan workshop guna peningkatan mutu pendidikan kerap kali dilakukan baik secara resmi maupun secara kedinasan melalui pembinaan yang sering dilakukan setiap seminggu sekali. Sehingga wawasan warga Sturi selalu Up to date.

Menjelang diberlakukannya peraturan kinerja guru yang menurut informasi dilaksanakan tahun 2013 Sturi pun mengadakan workshop guna menyongsong PKG tsb. Namun workshop kali ini berbeda tak seperti biasanya. workshop yang dilaksanakan di akhir tahun ini dilaksanakan di Sulaku Park Bumi Jawa dengan melibatkan seluruh keluarga bapak dan ibu guru serta karyawan. Sebagai Narasumber Sturi menghadirkan Ibu Dra. Sarni, M.Pd pengawas SMP Kab Tegal. Dalam sambutannya beliau mengucapkan selamat kepada SMP N 1 Dukuhturi yang telah memberikan Inspirasi Baru bagi pencerahan kerja dengan mengadakan Workshop di Obyek Wisata plus melibatkan keluarga. "Baru kali ini ada SMP di Kabupaten Tegal yang mengadakan workshop sekaligus Outbond bagi keluarga Guru dan Karyawan SMP N 1 Dukuhturi" demikian tutur beliau dengan nada mantap dibarengi tepuk tangan meriah seluruh peserta workshop.

Dalam workshop tersebut Bapak Kepala Sekolah Menyampaikan Laporan akhir tahun yang merupakan rangkuman kegiatan yang telah dilaksanakan sekaligus sebagai evaluasi. Adapun materi workshop membahas tentang peningkatan mutu sekolah mulai dari guru hingga komponen yang terkait dengan pembelajaran, serta termasuk didalamnya adalah Teknik penyusunan PTK bagi Guru.

Usai Workshop seluruh peserta workshop menyusul keluarga yang telah lebih dulu mengikuti Outbond, dengan dipandu oleh Instruktur seluruh guru dan keluarga menikmati permainan outbond. Suasana hujan menambah semangat warga Sturi dalam mengikuti outbond. Gelak tawa dan canda senantiasa mengiringi kegiatan. ada yang mandi lumpur, Renang (Baca=Gupak) sambil mengenang masa-masa kecil dulu hingga permainan Flying Fox yang menguji Adrenalin kita. Bener bener uji nyali warga sturi saat itu. 
Suasana bertambah seru ketika orang no wahid di SMP N 1 Dukuhturi mencoba permainan yang satu ini, dengan gaya yang suka ngelawak beliaupun mencoba. Sontak seluruh warga Sturi yang menyaksikan dibuatnya ketawa. lain halnya dengan Bu fatah, dengan tenang dan berani baliau menikmati permainan ini. 

Usai di Sulaku rombongan langsung meluncur ke Rumah makan Gilar-gilar menikmati lezatnya Ikan Bakar, sambil lesehan bincang sana bincang sini (baca=ndopok ngalor ngidul dlm istilah tegalnya). Suasana kekeluargaan dan keakraban sangat terasa sekali saat itu. seakan enggan untuk beranjak.
Selesainya makan-makan sekitar pukul 17.00 wib rombongan pulang menjuju Sekolah. Canda tawapun masih saja terjadi saat perjalanan pulang. terutama di Bus 1 yang kebetulan satu rombongan dengan TIM ICT. Sambil menikmati perjalanan pulang Nicky (putri Ibu Umi Nurkhasanah) dan Ajeng (Putra Bpk Iman Hadi ) main tebak-tebakan koplak membuat suasana jadi seru.

Kesibukan dan tumpukan tugas kantor lenyap seketika dari ingatan warga Sturi. Semua telah direfresh dalam permainan ini. Sambil mengenang masa-masa kecil dulu. Sungguh suatu hal yang luar biasa dan patut di acungi jempol. Suksesnya acara ini Kepala Sekolah langsung terbersit mimpi dan merencanakan kegiatan seperti ini lagi kedepan di Trans Studio Bandung. Semoga Terlaksana
































0 komentar:

Post a Comment