• Home
  • Lock.
  • RPP
  • RKAS
  • TGS Siswa
  • Daftar Isi
  • Alumnus
  • Kontak
  • Comments

Website SMPN 1 Dukuhturi Peringkat 5 Jateng

Admin Blog saat Presentasi di depan dewan juri dan finalis
Inovasi pembelajaran merupakan suatu hal yang wajib terus di galakkan. Hal ini dilakukan guna menciptakan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Kondisi seperti inilah yang bakal memicu paeserta didik untuk mengeksplorasi untuk kemudian terjadi proses transformasi ilmu pengetahuan. Salah satu media yang dapat menumbuhkan peserta didik melakukan eksplorasi dan transformasi ilmu pengetahuan adalah melalui media Blog atau web site.
Blog atau website sendiri merupakan suatu kumpulan dokumen-dokumen yang tertata, termanage menggunakan management sistem tertentu dengan format HTML dan di dalamnya terdapat banyak link yang dapat menghubungkan satu dokumen dengan dokumen lain. Membangun sebuah blog/website memang membutuhkan satu pengetahuan khusus, namun demikian adanya link-link yang dapat dimasukan kedalam website/blog merupakan suatu solusi bagi para newbe, yang akan membangun sebuah website/blog. Karena dengan link kita dapat memanfaatkan situs-situs penyedia layanan pembelajaran hanya tinggal memberikan tautan saja tanpa harus membuat.
Guru sebagai stakeholder dalam proses transformasi ilmu pengetahuan sudah semestinya memahami akan pentingnya teknologi Informasi dalam proses pembelajaran. Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam dunia pendidikan bukan saja kebutuhan seorang guru dalam rangka pengembangan profesi, tetapi juga kebutuhan peserta didik. Suasana pembelajaran yang menyenangkan itu salah satu kebutuhan peserta didik, sehingga mau tidak mau guru wajib untuk mengembangkanya demi kebutuhan peserta didik. Guna memenuhi kebutuhan tersebut salah satu media yang paling tepat adalah melalui blog. 
SMP N 1 Dukuhturi  yang telah memiliki web blog sejak 5 tahun yang lalu yang dirintis oleh salah satu Guru TIK saat itu (Iman Hadi P), yang baru diresmikan secara sah Sebagai Website Sekolah pada januari 2012  kemarin Oleh Kepala SMP Negeri 1 Dukuhturi. Pada awal perkembangan website sekolah berfungsi sebagai media informasi publik. Mengingat perkembangan teknologi pendidikan yang menggunakan blog sebagai media belajar maka web SMP N1 Dukuhturi berusaha menambah berbagai feature untuk pembelajaran.
Maraknya sekolah yang memiliki website dan guna memacu perkembamgan media belajar melalui blog maka Dinas Pendidikan melalui Badan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan mengadakan lomba website sekolah. Dari hasil lomba web site SMP Negeri 1 Dukuhturi yang beralamat di www.smpn1dukuhturi.com berhasil menduduki Peringkat 5 Jawa tengah. Meskipun hanya mampu di peringkat 5 namun setidaknya menjadi awal bangkitnya teknologi informasi di SMP Negeri 1 Dukuhturi. Kegiatan. Dari hasil penilaian Dewan Juri SMP N 1 Dukuhturi masuk dalam kategori website yang terupdate dan website paling rame dikunjungi siswanya. Hal ini berarti munculnya website dapat dimanfaatkan oleh siswa dan guru serta sebagai media informasi publik. Meski belum masuk dalam tatanan pemanfaatan dalam pembelajaran secara optimal namun kami cukup bangga mengingat dari semua finalis mayoritas belum melibatkan siswa dalam website. Berikut adalah peringkat 5 besar Blog Sekolah tingkat Propinsi Jawa Tengah :

  1. Peringakt 1 SMP Negeri 2 Klaten
  2. Peringkat 2 SD Negeri 2 Muncar Kabupaten Semarang
  3. Peringkat 3 SMP Negeri Rakit Banjar Negara
  4. Peringkat 4 SMP N 9 Surakarta
  5. Peringkat 5 SMP NEGERI 1 DUKUHTURI
Pembukaan Final Lomba Web site Sekolah

Dewan Juri Lomba Website Sekolah yang semuanya dosen













Finalis dikmen dari Tegal 


Pak Sigid BPTIKP







2 komentar:

Nurul afifah said...

STURI memang OK.

Sang pemerhati said...

sturi memang TOP
BY:LISNA NURILAHI SAPUTRI 7H

Post a Comment