• Home
  • Lock.
  • RPP
  • RKAS
  • TGS Siswa
  • Daftar Isi
  • Alumnus
  • Kontak
  • Comments

MOPD STURI SEJENDEWEK

Gema Salam Abita dan Salam Sturi yang di pekikan dengan semangat oleh seluruh warga SMP N 1 Dukuhturi sebagai tanda dimulainya tahun pelajaran baru 2012-2013 merupakan suatu indikator kebangkitan Sturi. Tahun Pelajaran 2012-2013 yang di dahului dengan kegiatan PPDB, tahun ini meraih sukses yang luar biasa baik dari kuantitas pendaftar maupun dari segi kualitas pendaftar. Ini semua berkat kerja keras dan kerja cerdas seluruh komponen warga Sturi tanpa kecuali di bawah komando Top Leder Bapak Drs. Alfatah, M.Pd. Minat dan kepercayaan masyarakat pada sturi yang boleh dibilang meningkat tajam inilah yang selalu dibidik oleh orang no wahid di Sturi dengan trik dan gaya yang slalu mengutamakan kualitas Proses yang baik dan benar. Guna mewujudkan kualitas proses yang baik dan benar beliau jg tak henti-hentinya memberikan motivasi kepada seluruh warga Sturi, baik guru, karyawan, maupun siswa. Hingga seluruh warga sturi memahami pentingnya partisipasi aktif bagi kesuksesan sturi.

Usai PPDB dilanjutkan dengan kegiatan orientasi peserta didik baru atau MOPD. Kegiatan MOPD sebuah istilah baru yang dulunya disebut sebagai MOS merupakan masa-masa pengenalan lingkungan belajar baru pada jenjang baru bagi siswa baru disuatu sekolah. Pengenalan lingkungan belajar baru di suatu sekolah tentu sangat diperlukan bagi peserta didik baru supaya peserta didik baru segera menyesuaikan dengan lingkungan baru sehingga mereka mengerti aturan main dan budaya sekolah yang baru. Dengan demikian mereka menjadi cepat kerasan dilingkungan yang baru.
MOPD Sturi tahun ini boleh dibilang beda dengan sekolah yang lain, baik dari gaya pengenalan kegiatan ekstra maupun perlakuan terhadap siswa baru. Sturi mengedepankan pendidikan karakter, sehingga perlakuan pengenalan lingkungan baru kepada peserta didik lebih kepada penanaman nilai karakter bangsa. Budaya memperlakukan peserta didik baru dengan membawa sesuatu barang yang langka yang terkesan "Ngerjani" (red) serta memperlakukan peserta didik baru dengan mengenakan sesuatu yang terkesan perpeloncoan dipandang kontra produktif terhadap penanaman nilai - nilai karakter bangsa.  Sehingga Peserta didik baru pun cukup mengenakan baju sekolah asal dan mengenakan papan identitas diri yang terbuat dari karton. 
Pengenalan kegiatan ekstra juga beda alias laka-laka dalam istlah Tegalnya. Tahun ini pengenalan kegiatan melibatkan partisipasi aktif seluruh peserta ekskul kelas 8 dan 9. Mereka menampilkan kebolehannya, unjuk gelar prestasi kegiatan di depan peserta didik baru. Ekstra Pramuka menampilkan senam tongkat variasi, PKS menampilkan PBB Variasi, Pensil menampilkan seni pencak, Rebana menampilkan alunan solawat,  ekstra karawitan menampilkan alunan gending Ketawang subo kastowo dan masih banyak lagi sehingga mereka tahu persis kegiatan apa yang hendak mereka ikuti nantinya sesuai bakat mereka.

Melihat penampilan kakak kelas peserta didik baru nampak kagum dan senang serta bangga bisa mendapat kesempatan belajar di SMP N 1 Dukuhturi. Suasana kemeriahan kian terasa saat masing masing unit kegiatan ekstra kurikuler unjuk gelar prestasi dan kampanye kegiatan oleh para pembina ekstra kurikuler. Salam Abita dan dan salam Sturi slalu berkumandang selama kegiatan MOPD membuat suasana Nasionalisme makin kental di kalangan warga Sturi. Sturi memang sejendewek.

Berikut dokumentasi yang sempat dibidik oleh tim ICT.



















0 komentar:

Post a Comment