• Home
  • Lock.
  • RPP
  • RKAS
  • TGS Siswa
  • Daftar Isi
  • Alumnus
  • Kontak
  • Comments

Kemeriahan Kirab Pusaka dan Karnaval Hari Jadi Kab ke 411

Kamis, 17 Mei 2012 Jalan lingkar kota slawi (Jalingkos) sebelah selatan kantor Dinas Dikpora Kabupaten Tegal atau tepatnya depan masjid agung Kab Tegal, seakan berubah seketika menjadi lautan batik, karena disinilah peserta kirab pusaka dan pawai karnaval dalam rangka hari jadi Kab Tegal berkumpul untuk membawa pusaka kuno milik sesepuh Kabupaten Tegal. Kegiatan kirab pusaka dan karnaval merupakan salah satu dari serangkaian kegiatan pokok memperingati hari jadi Kab Tegal ke 411. Kirab pusaka dan pawai karnaval tahun ini bertemakan Batik khas Tegalan sehingga seluruh peserta kirab pusaka dan karnaval pun mengenakan batik khas tegalan. Peserta kirab terdiri dari seluruh SKPD, Kecamatan, sekolah dan umum.
SMP N 1 Dukuhturi sebagai sekolah yang telah mencanangkan dirinya sebagai "Sekolah berbasis budaya lokal, berwawasan global" menggunakan ajang ini sebagai media untuk menyalurkan kreasi inovatifnya. Dibawah koordinator Kaur humas Ibu Puji Astuti, S.Pd dan dibantu oleh Ibu Tjasipah, S.Pd, Ibu Lulut M, S.Pd, Ibu Niken Irawati, S.Pd,  siswa dan siswi SMP Negeri 1 Dukuhturi dirias dengan sentuhan gaya global tanpa meninggalkan budaya lokal khas tegalan. Guna lebih menunjukan ke khasannya dalam rangka nguri-uri budaya lokalnya SMP N 1 Dukuhturi menghadirkan Group Calung (Angklung) yang dimainkan oleh siswa SMP N 1 Dukuhturi. Dengan melambaikan tangan dan iringan musik angklungnya pasukan kirab Sturi melintas di depan panggung kehormatan. Karena selalu tampil beda (sejendewek dlm istilah Tegal =red) peserta dari Sturi sempat mendapatkan Uplause dari tamu di panggung kehormatan dan para penonton. Bahkan Bapak Moch. Hery Sulistiyawan, SH, M.Hum (wabup) sempat beranjak dari tempat duduknya dan berdiri memberikan Uplause untuk peserta dari Sturi yang cantik, cakep, anggun dan Unik.
Acara kirab dilepas oleh Bapak wakil Bupati, dan menempuh rute dari Jalingkos menuju rumah dinas Bupati. Kemeriahan kirab dan kernaval sangat terlihat dengan padatnya pengunjung yang ingin melihat kirab pusaka dan tawur arto gunungan sebagai tradisi turn temurun khas tegal. Dirgahayu Kabupaten Tegal dengan Semangat Gotong royong kita wujudkan Kabupaten tegal yang maju dan sejahtera.

Berikut Foto-foto kegiatan Kirab dan Karnaval HUT Kab Tegal 2012














0 komentar:

Post a Comment