• Home
  • Lock.
  • RPP
  • RKAS
  • TGS Siswa
  • Daftar Isi
  • Alumnus
  • Kontak
  • Comments

Rapat Koordinasi Sturi Tentang Refleksi dan Tindak Lanjut Supervisi Guru


Selasa, 13 Maret 2012 Kepala Sekolah SMP N 1 Dukuhturi mengadakan rapat koordinasi dengan dewan guru Sturi. Ada dua agenda penting dalam rapat koordinasi ini yaitu refleksi dan tindak lanjut supervisi guru dan pemantapan kerja panitia Ujian Sekolah dan Ujian Nasional. Refleksi dan tindak lanjut supervisi merupakan salah satu bentuk kajian dari hasil evaluasi yang telah dilakukan oleh Kepala Sekolah terhadap kinerja guru terutama pada saat proses belajar mengajar. Menurut beliau setiap guru wajib memahami beberapa hal penting yang berkaitan dengan tugas pokoknya sebagai pengajar sekaligus pendidik yaitu : 


1.  Guru wajib memahami bagaimana penyusunan KTSP
2.  Diagnostik
3.  Penetapan KKM
4.  Pengembangan Silabus
5.  Pengembangan RPP
6.  IPA Terpadu
7.  IPS Terpadu
8.  Pengembangan mulok
9.  CTL SMP
10. Model penilaian baru
11. Skenario PBK
12. Pembelajaran TT,TM,TMTT
13. Pembelajaran Tuntas, remidial dan pengayaan
14. Pengembangan bahan ujian dan analisis
15. Pengembangan diri
16. Rancangan Hasil Belajar
17. Penulisan Laporan Hasil Belajar
Disamping itu juga seorang guru wajib memahami model model pembelajaran dan satu hal yang penting lagi adalah penguasaan kemampuan pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran. 
Hal-hal tersebut di atas dapat kita capai melalui pelatihan pelatihan dan workshop, In House Training dan lain-lain yang diselenggarakan oleh sekolah, sehingga kedepan sturi banyak kegiatan - kegiatan pelatihan dan workshop. Ini semua diperuntukan bagi guru dalam rangka peningkatan mutu KBM di SMP N 1 Dukuhturi tercinta. Seorang guru wajib memahami hal hal tersebut diatas, sehingga memiliki pengetahuan yang lebih luas. Apabila guru telah memiliki pengetahuan yang luas maka akan membentuk perilaku paedagogis, dari sinilah akan muncul sebuah kewibawaan sejati, sehingga seorang guru mampu menjadi teladan yang baik bagi siswanya, demikian tutur beliau saat menyampaikan refleksi terhadap supervisi PKG yang telah dilaksanakan  beberapa bulan terakhir.
Dalam kesempatan ini pula beliau sampaikan mengenai pendidikan karakter. Menurut beliau salah satu metode yang paling ampuh berkaitan dengan pembinaan karakter adalah malalui budaya sekolah, oleh karena itu pendidikan karakter dan budaya bangsa di Sturi yang sementara ini terintegrasi didalam kegiatan KBM maupun pengembangan diri menjadi diformalkan dengan pencanangan kegiatan kegiatan sebagai berikut :
- Gajumsih (Gerakan Jumat Bersih)
- Gajumhat (Gerakan Jumat Sehat)
- Gema Sturi (Gerakan Membaca Al-Qur'an di SMP N 1 Dukuhturi)
- Gerakan S3 (Gerakan Senyum, Sapa, Salam)
- Gasebu (Gerakan Amal Sodaqoh Seribu Rupiah)
- Gentasodu (Gerakan Cinta Solat Dhukha)
- Gerakan Zero Rabies (Gerakan Nol Sampah)
Kegiatan-kegiatan tersebut akan dicanangkan secara bertahap.
Agenda rapat yang kedua merupakan koordinasi pemantapan kerja panitia UN dan US. dalam agenda ini disampaikan draft kepanitiaan UN dan US oleh Bapak Singgih Pujianto, S.Pd selaku kaur kurikulum. 
Melihat times skedule, pelaksanaan program, kemudian adanya evaluasi serta refleksi dan tindak lanjut dari sebuah program makin nampak adanya kontinuitas atau kesinambungan, hal ini membuktikan sebuah kesungguhan sturi dengan pola managemen yang semakin mantap dibawah pimpinan Bapak Drs. Alfatah, M.Pd. Inilah salah satu indikator pentingnya evaluasi diri sekolah. (IHP)

0 komentar:

Post a Comment