• Home
  • Lock.
  • RPP
  • RKAS
  • TGS Siswa
  • Daftar Isi
  • Alumnus
  • Kontak
  • Comments

Pelantikan Anggota Baru PKS SMP N 1 Dukuhturi

PKS atau Patroli Keamanan Sekolah merupakan sebuah wahana pembinaan generasi muda yang berorientasi pada pembinaan kedisiplinan dan keamanan sekolah. PKS pada awal pembentukanya tepatnya tanggal 5 Mei 1975 bernama Polisi Keamana Sekolah. Saat itu ruang lingkup PKS hanya pada pengamanan disekolah sekolah dari tindakan kenakalan remaja. Namun seiring perkembangan jaman pada tanggal 5 Juni 1975 fungsi,  tugas dan nama PKS diperbaharui, kalau dulu tugas PKS menjaga keamanan sekarang cukup pengawasan terhadap tindakan2 yang kontra produktif terhadap tujuan sekolah, selanjutnya apabila menemui hal hal yang bersifat kontra produktif, maka anggota PKS wajib untuk melaporkan kepada guru, dan guru yang akan memberikan penanganan bukan siswa. Tugas PKS pun diperluas kalo dulu hanya keamanan sekolah saja sekarang meliputi pengaturan lalu lintas. selain tugas dan fungsi perubahan Nama pun dilakukan, kalo dulu PKS adalah Polisi Keamanan Sekolah sekarang Patroli Keamanan Sekolah. Sesuai namanya "Patroli" berarti tindakan pemantauan atau pengawasan, inilah yang mesti diperhatikan dalam kegiatan PKS.

SMP N 1 Dukuhturi sebagai sekolah yang termasuk kategori sekolah senior, yang posisinya dipertigaan jalan raya sudah tentu memiliki PKS. Kehadiran anggota PKS sangat membantu ketertiban jalan seputar SMP N 1 Dukuhturi terutama saat sekolah punya hajat mengundang banyak tamu undangan, saat pagi hari dan pulang sekolah jelas keruwetan lalu lintas disekitar sekolah. Sehingga SMP N 1 Dukuhturi bekerja sama dengan Polsek dukuhturi mengadakan pembinaan kepada siswa dalam bentuk PKS.
Sebagai sebuah organisasi siswa, tiap tahun ajaran mengadakan rekruitmen anggota baru, dan diperuntukan bagi siswa yang memiliki minat dalam hal ini. Baru-baru ini tepatnya beberapa pekan lalu PKS SMP N 1 Dukuhturi baru saja mengadakan pelantikan anggota baru. Kegiatan ini dilaksanakan guna pengukuhan dan pengesahan anggota baru PKS. Kegiatan pelantikan ini di isi dengan berbagai macam materi yang meliputi pembinaan mental, baris berbaris, kenakalan remaja dan Narkoba, pembinaan karakter, pengaturan lalu lintas dll. 

Kepala SMP N 1 Dukuhturi menyambut baik kegiatan ini bahkan beliau sempat mengisi sebuah materi yang berorientasi pada carakter building yang termasuk didalamnya adalah dinamika kelompok. Bicara karakter building atau pembinaan karakter beliau sangat piawai dalam hal ini. Anggota PKS barupun merasa senang sesuai dengan perkembangan mereka di usia remaja yang memang butuh permainan menantang tetapi mengandung muatan karakter. dalam acara ini pula sempat hadir Bapak Suparman dari Polsek Dukuhturi guna melatih PBB dan materi lalu lintas serta pelajaran seputar kenakalan remaja dan narkoba. Semoga dengan kehadiran PKS dibawah binaan polsek dukuhturi ketertiban Sturi makin meningkat.   

0 komentar:

Post a Comment