• Home
  • Lock.
  • RPP
  • RKAS
  • TGS Siswa
  • Daftar Isi
  • Alumnus
  • Kontak
  • Comments

UN, Siapa Takut ... ?!

                              Wah, nggak terasa UN sudah didepan mata, banyak yang menjadikan UN sebagai 
" Momok " menakutkan, bahkan bikin stres. Siap nggak siap, ujian harus maju jalan. So, bagi yang menjalaninya lebih baik mempersiapkan sebaik mungkin agar bisa memenangkan " peperangan " dengan gilang-gemilang. Ingat fren, ada pepatah China : " Dari pada terus menerus mengutuk kegelapan lebih baik segera menyalakan lilin. " 
     Ada beberapa  cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi kecemasan saat berhadapan dengan soal-soal penentu kelulusan. Selain belajar dari jauh-jauh hari, amunisi yang sangat dibutuhkan adalah kekuatan mental. Bagaimana caranya ?
 
Banyak Tersenyum
     Ujian memang menimbulkan ketegangan. Banyak yang takut nggak berhasil karena nilai-nilai yang nggak sesuai standar, bakal menghadapi ancaman ketidaklulusan. Yap, stres akan sangat rawan terjadi pada fase ini. 
     Ada cara sederhana untuk menangkal ketegangan, yakni dengan banyak tersenyum. Dengan menggerakkan otot-otot di sekitar mulut, pikiran kita akan menjadi lebih rileks. Selain itu, sudah terbukti bahwa tersenyum dapat membantu membebaskan hormon-hormon yang bersifat menenangkan dan menyenangkan. So, keep smile fren !

Kesiapan Teknis
    Saat ujian, segala peralatan yang diperlukan harus sudah siap sedia. Maka, sehari sebelum hari H, cek kembali kartu tes, pensil 2B, penghapus, dan barang-barang lain yang dibutuhkan. Jangan sampai kelabakan karena tidak membawa kartu tes atau terjadi insiden saling pinjam penghapus saat berlangsungnya ujian. Selain dilarang, bisa-bisa dicurigai mencontek oleh pengawas.

Anti  Bocoran - Anti Contekan  
     Hari gini sudah nggak musim memelihara kecurangan dan ketidakjujuran dengan berburu jawaban nggak halal. Memang, standar kelulusa makin tinggi, tetapi hal itu bukanlah pembenaran yang bisa mengubah kecurangan menjadi kewajaran.
     Percaya dirilah ! Mencontek atau menyelundupkan bocoran hanya akan menambah ketegangan. Tidak usah menyibukkan diri dengan praktek curang macam ini deh. Sekolah nggak mengajarkan murid-muridnya untuk jadi tukang copy-paste, kan ?   

Cukup Istirahat   
     Ada beberapa siswa yang melaksanakan SKS alias Sistem Kebut Semalam menjelang ujian. Tapi cara instan yang memaksa mata untuk begadang semalam suntuk itu justru akan mengurangi kebugaran tubuh. Nggak mau dong, kalau saat ujian malah menguap berkali-kali dan susah konsentrasi gara-gara " ronda semalam ". Justru, manfaatkanlah waktu-waktu genting itu untuk rileks, sehingga saat tiba waktu untuk bertempur, tubuh dalam kondisi siap 100 persen !

Berdoa  
     Last but not least, jangan lupa banyak-banyak berdoa. Selain akan memantapkan keyakinan, dengan berdoa kita cenderung akan lebih optimistis karena merasa dibantu oleh sang Pengabul. Bersikaplah tegar fren, bukankah Qur'an surat Ali Imron ayat 139 mengartikan" Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah (pula) kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang-orang yang beriman ".   So, berdoalah agar ujian berjalan lancar dan kita semua diberi kekuatan untuk menghadapinya.. Jangan ditunda-tunda !



Penulis :
Singgih Pujianto, S.Pd
Guru Mapel  IPA SMP N.1 Dukuhturi Kab.Tegal 
             
    
 
 
  
                                     
     



53 komentar:

robet said...

sip.......

Mazin musers said...

betul pa.:)
tpi ada satu yg sya pikirkan lgi pak..:( yaitu nama sya pak..:(
soalnya nama sya ga muat dilembar LJK ;(
gimana pak..??;(

SMP N 1 DUKUHTURI said...

kamu anak 9h kan ? disingkat aja last name kamu menjadi MUHAMMAD MAZIN I

Mazin musers said...

Ia pa :)
makasih yah pa :)

info said...

sangat bagus pak,,,
karena,sangat membantu kita dlm proses mempersiapkan UN.




tetapi,pak saya sangat trganggu dgn adanya anak2 yg suka ribut sendiri dikls saat pelajaran sdng berlangsung.
itu,sangat mengganggu anak2 yg ingi bljar.


by.hermawan.suanto

dian said...

ok bgt sarannya pak!!!!!!
mngkn klau tdk dibrikn sran and motivasi spt ini smua siswa akn bljr dg giat and lbh mntep untk mngrjkn UN dg nlai yg bgs and ditrma di SMA" favorit...,AMMMMMMIIIIIN..............

Wike Nur Safitri said...

Sippoke !!
Berfikir positif & bersikap optimis,
Stury pasti lulus 100%. Amin,,

SMP N 1 DUKUHTURI said...

thanks for All, sturi lulus 100 % doa kita slalu. hermawan suanto manfaatkan bimbingan konseling bila kalian terganggu dalam belajar yah.....BK kan slalu siap kok bimbing kalian. jangan beranggapan BK polisi school yah..., paradigma baru STURI BK lebih pd peningkatan prestasi belajar anak OK !

telkomnet said...

makasih pak buat sarannya, semoga dg saran bapak sturi lulus 100% aminnn...

tirta fantacy said...

makasi pak buat saranya,,
:D

mertyaningsih said...

ok..makasih pak atas saranya , saran ini sangat bermanfaat untuk memotivasi saya dan teman yang lain....smoga sturi lulus 100% dg nilai yg memuaskan aminnnnnn......

diah apriliyana s said...

makasih, atas sarannya ya pak..

lianovilawati said...

makasih ya pak buat saranya..

Bepe_20 said...

Makasih dengan sarannya pak..
Insya allah saya akan lebih semangat lagi dan akan terus tingkatkan belajar saya
Stury LULUS 100%

soimah said...

Makasih untuk sarannya ......
Itu sangat membantu agar siswa kelas 9 lebih siap menghadapi UN
Semoga Stury LULUS 100% dengan nilai yang baik

nokk said...

Makasih atas materi yang Bapak berikan,
Ini sangat membantu saya agar lebih semangat dalam menghadapi UN.
semoga STURY lulus 100% dan mendapat nilai yang memuaskan,
Amiiiiin....

by.cut puri syahira 9h

Mazin musers said...

Btul itu pa kata Hermawan.. Kita ga bsa konsen belajar dikarnakan kelas kita terlalu berisik.. Ada guru jga kelas kita udah pda berisik apa lgi klo pas ditinggal guru, ramenya minta ampun,yg membuat kita ga konsen..
Sya jga ga tega/kasian ke Wali Kelas kami,, soalnya pasti yg paling malu adlh Wali Kelas,soalnya pasti slalu dpat omongan dr guru" lain..

Telkonet instan said...

kerja baik lekas-lekasan,supaya jangan tertimpa yang buruk (jangan memperhambat waktu yang telah dipikirkan,pergunakan wakyu sebaik-baiknya) unyuk belajar dan Tajam pisau karena diasah (orang yang rajin belajar akan menjadi cepat pandai)
Katakan saya harus LULUS
by:any shofati

erni said...

smga stury lulus 100%.....aminnnnnn
and mendpt nilai yg memuaskn

by:erniernawati 9a

ismi said...

Smoga smpn 1 dukuhturi tahun ini lulus 100% dgn nilai yang memuaskan dan bisa diterima di sma/smk favorit..
Amiiiinnn......

by:ismi oktaviyani 9a

ve.beliebers said...

siiiiiip.
selalu senyum semangat, terus berusaha dan berdoa. . . .
makasih ya pak. . .sudah ngasih kiat2 menghadapi UN. . . .
ayo temen2 hadapi UN dg tersenyum. . .
KITA PASTI BISA.... !!!!!

Vera Indra 9H

nurul said...

smoga smpn 1 dukuhturi hasil UN nya bisa meningkat
amiiiinnnnn......

Arsistek said...

okey..............
semoga lulus 100% dengan nilai yang memuaskan.....



SEMANGAT MENGHADAPI UN.

arsistek said...

semoga semua siswa-siswi SMPN 1 DUKUHTURI lulus 100% dengan hasil yang memuaskan.....



BELAJARLAH DENGAN TEKUN DAN SELAMAT BERJUANG MENGHADAPI UN.

eka said...

Siiip...

Terima kasih pak atas kiat2 yg di berikan untuk menghadapi UN.

Bersama bintang said...

matur thank you pak,,, buat motivasinya....


sya akan trus brusaha ntuk mndpt kan yg trbaek...
smoga nak2 klz 9 llus smua. amin...


SENDANG P.N 9H

siti nurchasanah 9a said...

makasih ya pa,,atas sarannya...
:D

garuda muda said...

sip ok pa Makasiih atas Sarannya

sumbertani said...

makasih ats materi yg tlh bpk saran kan kpd kami

Noval said...

pa, apkah dg yg tdk mlksnkn kgiatn trsbut ttpi hnya shlat ,doa,dan beljar
apkh akn lulus or tdak
mohon balez y ,,,,
nOvAl

Devii_Fals said...

Matur Nuwun pak... posting'nya sangat membantu saya dalam menghadapi UN . Serta Siswa Kelas IX

siti komariyah 9a said...

makasih pa' buat saranyah,,,
:D

arnita fitri r said...

hari begitu cpt UN pun semakin dekat !!!

Devii_Fals said...

Matur nuwun pak... posting'nya sangat membantu saya untuk menghadapi UN . Terutama kelas IX

diah apriliyana s said...

makasih y pak!!! semoga saran bpk bermanfaat bagi kita s'mua


amiiin!!!

abdul fattah said...

GOOD!!!
TERIMA KASIH PAK ATAS MOTIVASI YG BPK BERIKAN PD SAYA .SEMOGA SELURUH SISWA BISA LULUS SEMUA DAN MELANJUTKAN KE SMA FAVORITE.AMIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIII.........

kiki fajar said...

jangan ragu hadapi UN
Semangat semangat...

aby_inside™ said...

terima kasih kpd bpk & ibu guru yg telah memberikan motivasi kpd kami agar kami lebih giat belajar

x-san_blink™ said...

jangan takut pada UN,,,
karena UN takut pada kita...!!

nurul u. said...

terima kasih atas saran dan motivasi belajar yang telah Bapak dan Ibu buat kepada Kami...

"UN KAMI SIAP KAPANPUN DATANGNYA"

nurul u. said...

terima kasih atas saran dan motivasi belajar yang telah Bapak dan Ibu buat kepada Kami...

"UN KAMI SIAP KAPANPUN DATANGNYA"

Nurul Ummayah IX H

intan f. said...

terima kasih Bapak dan Ibu guru,atas motivasi agar Kami tidak takut menghadapi UN yang sebentar lagi akan di laksanakan,,,,,

Nur Intan F. IX H

ROEJHY COOL said...

Jangan mau terjebak didalam zona "NYAMAN"
sebab akan menyesatkan .
Niatkan dengan belajar !!!!

KONTER HP said...

jgn lah takut kpd UN ..,
krn UN hanya 4dan yang mengikuti UN takterhinga™.,

anjjas vanllopezt said...

Jangan Ragu untuk maenghadapi UN .
Kuat kita bersinar kawan.
kata Pak Fatah harus mempunyai prinsip yaitu "5i".

belajar bertani secara tradisional said...

semangka.,,semangat kaka..,
pra anak kelas sembilan jng takut jlni UN..,

ANKOT KUNING said...

terus berusaha kls IX menjalani UN..,
kita pasti bisa..,
SEMANGKA..,

indra a.b IXa

Rianda Ervin said...

bguzs bngeet pak...!!
kta-ktanya Membuat kita semangat.....

abu Labas said...

terima kasih atas motivasinya

ku kan bangkit dan percaya diri

Rhicma melaty said...

Terimakasih pak,, atas motivasinya. ini sangat membantu kami untuk belajar lebih giat lagi.

martins outsiders™ said...

doa dan blajarlah utk mngalahkan UN

boby blinkink182™ said...

jangan takut pada UN
kita hanya perlu belajar dan berdoa,,,,


OCE.....!!

x-san_blink™ said...

kita jangan takut pada UN,,,
kita hanya harus belajar dengan giat dan jangan lupa berdoa....


OCE....!!

Post a Comment