• Home
  • Lock.
  • RPP
  • RKAS
  • TGS Siswa
  • Daftar Isi
  • Alumnus
  • Kontak
  • Comments

Kebijakan Pokok Pembangunan Bidang Pendidikan

Kepala SMP N 1 Dukuhturi
Drs. H. Alfatah, M.Pd
Kepedulian dan komitmen pemerintah dalam memajukan  pendidikan di Indonesia sangatlah besar. Keseriusan pemerintah dalam menangani masalah peningkatan bidang pendidikan terus dilakukan. Sebagai bukti keseriusan pemerintah adalah masalah Alokasi dana pendidikan yang terus di tingkatkan hingga mencapai 20% APBN. Itu semua diperuntukan antara lain untuk peningkatan kesejahteraan bagi guru dengan program sertifikasi, pemenuhan sarana pendidikan bagi siswa dengan peningkatan dana bos, dan peningkatan profesionalisme guru melalui PTK, workshop, dan peningkatan kompetensi kepala sekolah. Itu semua dilakukan pemerintah guna peningkatan mutu pendidikan di Indonesia. 

Perkembangan dunia pendidikan di Indonesia boleh dibilang lamban, kalah dengan negara Jepang yang notabene merupakan negara yang kalah dalam PD II dengan Bom herosima dan nagasaki, tetapi mampu menguasai dunia melalui IPTEKnya. Kenapa Jepang sebuah negara yang sempat rata dengan tanah ini mampu menguasai dunia dengan IPTEKnya ?
Sebuah pertanyaan yang mestinya kita jadikan motivasi bagi kita sebagai seorang pendidik. Jawabnya adalah karena paska pengeboman hirosima dan nagasaki hanya satu pertanyaan yaitu "Berapa Jumlah Guru Yang Masih Hidup" Luar biasa (red). dari pertanyaan tersebut nyatalah bahwa kenapa jepang mampu menguasai dunia dengan IPTEKnya karena Pemerintah Jepang benar benar sangat peduli terhadap guru, demikian tutur Pak Fatah dalam rapat pembinaan guru di SMP N 1 Dukuhturi. 

Dari paparan diatas Pemerintah Indonesia agaknya mulai serius menangani bidang pendidikan yang terangkum dalam "Kebijakan Pokok Pembangunan Bidang pendidikan" yang meliputi :
  1. Pemerataan dan perluasan akses pendidikan bagi masyarakat
  2. Peningkatan Mutu Pendidikan dan daya saing
  3. Good govermen, akuntabilitas pencitraan publik 
Dimana sebagai Indikator pencapaian kinerja dalam bidang pendidikan adalah meliputi :
  1. Input
  2. Proses
  3. OutPut
  4. OutCome
  5. Benefit
  6. Impact
Dalam kesempatan ini pula belaiau selaku Kepala Sekolah memaparkan "Sturi (SMP N 1 Dukuhturi) sebagai sekolah potensial menuju SSN slalu berusaha untuk melaksanakan 3 kebijakan pokok diatas, terutama pada peningkatan mutu dan daya saing serta Good govermen dan akuntabilitas pencitraan publik. kedua hal inilah yang perlu kita tingkatkan dan menjadi prioritas kita dalam memajukan pendidikan di SMP N 1 Dukuhturi. sehingga dengan demikian maka diharapkan kehadiran SMP N 1 Dukuhturi (Sturi) sebagai sekolah potensial menuju SSN akan memberikan dampak yang positif bagi lingkungan masyarakat yang mana hal inilah salah satu indikator pencapaian kinerja kita. Akuntabilitas pencitraan publik wajib kita prioritaskan guna menjawab tantangan dunia pendidikan, kedepan melalui managemen berbasis sekolah yang bertumpu pada sekolah dan masyarakat ini harus mampu menciptakan daya saing, sehingga diharapkan Sturi menjadi sekolah Idaman masyarakat yang "ngangeni lan mbetahi". Kami juga selalu mengedapankan Proses, pencapaian sturi yang  memiliki tingkat Akuntabilitas pencitraan publik tinggi memang perlu waktu, tapi itu semua dapat kita capai apabila kita komitmen dengan kinerja kita sebagai seorang pendidik".
Demikian ungkap beliau dengan smangat, semoga dengan komitmen kita yang kuat dan keseriusan pemerintah menangani bidang pendidikan,  Indonesia mampu menguasai dunia dengan kemampuan sendiri.


Posting By :
Iman Hadi Purwono, S.Pd
Guru Mapel TIK
SMP N 1 Dukuhturi Kabupaten Tegal

5 komentar:

robet said...

mantap......

maryam said...

SMP N 01 DUKUHTURI semoga bisa menjadi Sekolah yang berprestasi dan menjadi SMP yang favorite

semangat yaaaaaaaaaaa

izzati said...

semoga SMP N1 DUKUHTURI menjadi sekolah yg berstandar nasional dan menjadi sekolah terfavorit di kab Tegal

SMP N 1 DUKUHTURI said...

Amin....thanx for All atas doanya

Sang pemerhati said...

amin.....mudah-mudahan SMP N 1 DUKUHTURI menjadi SMP yang favorit,sekolah yang berkualitas bagi semua


by;LUTFIYANA IXA

Post a Comment