• Home
  • Lock.
  • RPP
  • RKAS
  • TGS Siswa
  • Daftar Isi
  • Alumnus
  • Kontak
  • Comments

Pentingnya Memahami Core Values

Sekolah sebagai lembaga penyelenggara pendidikan tentu memiliki visi dan misi. Untuk dapat mencapai visi dan misi tersebut perlu adanya satu komitmen seluruh komponen lembaga. Sebuah lembaga yang maju tentu saja akan slalu melakukan perubahan-perubahan yang mengarah pada tercapainya visi dan misi lembaga tersebut. Perubahan-perubahan yang dilakukan tentu harus jelas arah dan tujuanya. bukan perubahan yang membabi buta. sebuah lembaga yang berani melakukan perubahan dengan arah yang jelas akan mampu menciptakan kreasi kreasi baru. Kreasi baru akan dapat berjalan optimal bila lembaga tersebut mampu mengakomodir seluruh komponen yang ada dengan menciptakan sebuah suasana yang nyaman, tentram dan kompetitif. Untuk dapat menuju kearah itu diperlukan sebuah kesamaan persepsi, kesamaan prinsip dan kesamaan komitmen. Semua komponen lembaga wajib menjunjung tinggi kesamaan persepsi, prinsip dan komitmen yang telah disepakati antara top manager sebagai stake holder dan semua anggota organisasi/lembaga sebagai tangan unsur pimpinan guna pencapaian visi dan misi.

Pengertian perubahan yang membabibuta adalah perubahan yang salah kaprah, perubahan yang ga jelas tujuanya. perubahan yang mengarah pada tujuan tentu akan slalu melihat efektifitas dari program yang telah dijalankan. bahasa gampangnya adalah yang sudah baik pertahankan kalau bisa ditingkatkan yang belum baik cari solusi terbaik mungkin dengan study banding, mungkin dengan dengan mengundang para pakar mungkin dengan pelatihan-pelatihan, yang semua itu tentu bermuara pada pencapaian visi dan misi sebuah lembaga /organisasi. Tetapi perlu di ingat selama dalam perjalanannya menuju pencapaian visi misi, segala perubahan yang kerap kali mengikuti. ada satu hal penting yang justru tidak boleh berubah yaitu Kesamaan persepsi, prinsip dan kesamaan komitmen.
Banyak kalangan menyebutkan bahwa kesamaan komitmen, prinsip dan persepsi sering di sebut sebagai Core Values. Core Values berarti Nilai Inti atau Nilai Dasar atau dapat juga diartikan sebagai Nilai luhur. Nilai nilai luhur inilah yang mestinya dimiliki oleh sebuah organisasi/lembaga sebagai fundamen dalam pelaksanaan tugas organisasi. Nilai nilai luhur inilah yang mestinya wajib dijunjung tinggi oleh seluruh komponen organisasi, menjadi satu power yang luar biasa guna menghadapi segala permasalahan yang dihadapi. Sebuah organisasi yang memiliki Core Values dan dijunjung tinggi oleh semua unsur organisasi maka akan mampu bertahan dari segala bermasalahan yang dihadapi. Core values adalah nilai nilai dasar yang menjadi sumber kebenaran dan sumber kekuatan yang dapat dijadikan sebagai evaluasi sebuah organisasi atau lembaga dalam perjalanannya menjalankan roda organisasi menuju tercapainya visi dan misi.

Dari uraian diatas maka jelaslah sudah seberapa penting memahami core values itu. Sturi sebagai salah satu lembaga pemerintah bidang pendidikan kini telah memiliki Core Values yang terangkum dalam kata BERDIKARI yang berarti kita wajib menjunjung tinggi makna Berbagi, Disiplin, Kerja cerdas, Abundance & Gratefull, Ramah, dan Integrity Commiter dalam melaksanakan tugas kita sebagai abdi negara. Dengan Berdikari semoga Sturi akan mampu mencapai visi dan misinya. Mari kita bersama tuangkan karya karya kita untuk kemajuan STURI, bekali diri kita dengan slalu belajar belajar dan belajar guna memenuhi kebutuhan peserta didik.

Penulis  :
Iman Hadi Purwono, S.Pd
Guru Mapel TIK
SMP N 1 Dukuhturi Kabupaten Tegal Jateng

0 komentar:

Post a Comment