• Home
  • Lock.
  • RPP
  • RKAS
  • TGS Siswa
  • Daftar Isi
  • Alumnus
  • Kontak
  • Comments

Pengawas SMP Kab Tegal adakan Pembinaan Guru dan Karyawan Sturi

Bu Sarni dan Pa Fatah Saat Sosialisasi EDS & PKG
Meski kegiatan pembinaan dilaksanakan usai kegiatan belajar mengajar, namun guru dan karyawan Sturi tetap semangat mengikuti pembinaan yang disampaikan Ibu Sarni, S.Pd. M.Pd pada rabu 18 Januari 2012 pekan lalu. Pembinaan ini dilaksanakan terkait masalah sosialisasi evaluasi diri sekolah dan penilaian kinerja guru. Menurut beliau "Pentingnya sekolah melaksanakan Evaluasi Diri Sekolah karena dengan EDS
  • Sekolah mampu mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan yang dimilikinya sebagai dasar penyusunan rencana  pengembangan lebih lanjut.
  • Sekolah mampu mengenal peluang untuk memperbaiki mutu pendidikan,  menilai keberhasilan  upaya peningkatan, dan melakukan penyesuaian program-program yang ada.
  • Sekolah mampu mengetahui tantangan yang dihadapi dan mendiagnosis jenis kebutuhan yang diperlukan untuk perbaikan.
  • Sekolah dapat mengetahui tingkat pencapaian kinerja berdasarkan 8 SNP.
  • Sekolah dapat menyediakan laporan resmi kepada para pemangku kepentingan tentang kemajuan dan hasil yang dicapai.
SMP N 1 Dukuhturi sebagai sekolah potensial menuju Sekolah berstandar nasional, dengan segala fasilitas dan prestasi yang telah diraihnya saat ini saya yakin SMP N 1 Dukuhturi mampu menuju SSN, demikian ungkap beliau saat menjelaskan pentingnya EDS bagi sekolah.
Hal yang tidak kalah pentingnya bagi guru dalam pembinaan tersebut adalah mengenai masalah Penilaian Kinerja Guru yang akan diberlakukan mulai tahun 2012 ini. Model Penilaian Kinerja Guru tahun 2012 dilaksanakan terkait masalah hasil penelitian yang telah dilakukan oleh kemendiknas pasca pemberian tunjangan sertifikasi guru melalui program porto folio sejak tahun 2005 lalu, ternyata tidak memberikan dampak yang signifikans terhadap peningkatan mutu pendidikan di Indonesia. Disamping itu Penilaian Kinerja Guru atau sering disebut dengan istilah Penilaian Kompetensi Guru ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme guru dalam melaksanakan tugasnya guna meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. dua hal inilah yang menjadi faktor kuat adanya Penilaian Kinerja Guru dengan format baru ini.
"Secara garis besar ada 4 Kompetensi yang akan dinilai dalam kinerja guru yaitu :
  1. Kompetensi Paedagogis
  2. Kompetensi Kepribadian
  3. Kompetensi Sosial
  4. Kompetensi Profesionalisme
Apabila seorang guru tidak memenuhi kompetensi tersebut maka seorang guru harus siap dengan penundaan tunjangan profesinya" demikian tutur pengawas SMP Kab Tegal yang akrab dengan panggilan Bu Sarni ini dengan tegasnya.
Dalam Kesempatan ini hadir pula Kepala SMP N 1 Dukuhturi Bapak Drs. H. Alfatah, M.Pd, dalam sambutanya dengan mantap dan dengan gaya care and smile nya beliau sampaikan bahwa SMP N 1 Dukuhturi dengan "Sturi berdikari nya" siap untuk akreditasi tahun depan.
Ada hal yang menarik ditengah tengah pembinaan ini, saat ibu sarni mengajak seluruh guru dan karyawan untuk melakukan senam otak dengan joget. Sambil melihat tayangan video semua guru, karyawan tak terkecuali pa fatah dan bu sarni pun antusias mengikuti gerakan seperti pada tayangan video. Gelak tawa malu, geli, lucu campur jadi satu penuhi ruang pembinaan. hingga usai acara pun nampak sebagian dewan guru masih tersenyum senyum teringat saat berjoget senam otak. 


Penulis :
Iman Hadi Purwono, S.Pd
Guru Mapel TIK
SMP N 1 Dukuhturi

0 komentar:

Post a Comment