• Home
  • Lock.
  • RPP
  • RKAS
  • TGS Siswa
  • Daftar Isi
  • Alumnus
  • Kontak
  • Comments

BELAJAR DENGAN BLOG SEBUAH INOVASI

Perkembangan Teknologi Informasi sunguh luar biasa, seiring perkembangan teknologi internet dikalangan masyarakat. Hal ini sangat terasa dengan kemunculan situs jejaring sosial yang begitu meroket yang terkenal dengan "PESBUK". Siapa yang ga kenal yang namanya pesbuk, sebuah situs pertemanan dengan fitur user friendly. Meski disana sini banyak sekali dampak negatif dari situs jejaring ini bagi kalangan pelajar, namun diakui atau tidak, banyak sebagian masyarakat kita tak terkecuali pelajar yang mulai kenal "Dumay" (dunia maya) dari situs ini.
Bicara dampak negatif kecanggihan teknologi informasi, sebagaimana telah di klaim sebagian masyarakat kita tentang kebobrokan moral generasi muda akibat pornografi dan kekerasan  yang nota bene penyebarannya begitu dahsyat di Internet. Tetapi banyak juga dari para pelajar kita yang justru tumbuh kreatifitasnya justru dari Internet.  Mereka mampu menemukan sesuatu dari internet, mereka dapat membuat robot dari internet, mereka mampu membuat software anti virus dari internet. Mereka mampu mengembangkan bakat jurnalistik, seni dan lain-lain juga di internet.
Diakui atau tidak Internet merupakan sumber informasi yang super lengkap. Ibarat sebuah perpustakaan, internet merupakan perpustakaan raksasa yang memuat milyaran buku dari berbagai sumber dengan ragam informasi yang jumlahnya milyaran. Ibarat sebuah rumah jika kita buka jendela rumah kita maka diluar sana dapat kita saksikan beragam tumbuhan, beragam hewan, pemandangan, bahkan sampah pun dapat kita saksikan. Jadi sebenarnya tergantung bagaimana kita menyikapi hal ini. Apabila kita mampu mengendalikan diri kita dengan menggunakan internet secara ramah, maka nilai positiflah yang kita dapatkan.
Tantangan dunia pendidikan diera informasi menuntut kita lebih berfikir positif (positif thinking) lebih terbuka, kita coba buka jendela dunia lewat dumay. banyak hal yang bisa kita lakukan di dumay demi kemajuan pendidikan. Meski banyak tantangan yang perlu kita hadapi semisal :
1.            Kurangnya SDM bidang Dumay dikalangan pendidikan serta kurangnya dukungan dari penentu kebijakan. Hal ini kadang menjadi penghambat no wahid. karena meski ada tenaga ahli dan mendatangkan dari luar sekalipun tetapi apabila tidak ada dukungan dari unsur penentu kebijakan maka sangatlah sulit untuk membuat suatu inovasi pembelajaran berbasis web. Kalaupun bisa terlaksana itu biasanya atas dasar kesadaran individu dengan kemampuanya masing masing.
2.            Infra struktur yang belum memadai, seperti sarana prasarana ruang belajar multimedia yang belum sempurna. Masih ada sekolah sekolah yang belum memiliki sarana komputer. Bagaimana mana mungkin target kurikulum khususnya TIK akan tercapai dengan maksimal apabila disekolah belum punya sarana teknologi internet.
3.            Ketidak mampuan siswa memiliki sarana TIK. Sebagaimana kita tahu bahwa Teknologi Informasi dan komputer menggunakan sarana yang lumayan muahal. so kita bisa lihat apa aja sarana TIK bagi siswa. Komputer, Laptop, HP yang lengkap dengan teknologi Internet memadai, modem. Itu semua membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Namun bagi sebagian orang tua yang mementingkan pendidikan tak jadi masalah. Demi anak pintar apapun akan mereka tempuh. Orang tua yang sadar akan memiliki prinsip " Kerja Kesel kesel endas go sikil , sikil go endas pan go apa yen ora go anak " demikian kata wong tegal.
4.            Kesadaran orang tua akan pentingnya Teknologi Informasi yang minim.
Tak sedikit dari para orang tua yang masih minim akan arti penting teknologi informasi. Bagi orang tua yang mampu dalam segi ekonomi tetapi minim pemahaman tentang teknologi informasi, mereka akan lebih mementingkan fasilitasi transportasi bagi anaknya dengan membelikan motor baru ketimbang membelikan Laptop. Padahal harga sebuah motor jauh lebih mahal ketimbang laptop. Tetapi anehnya jumlah siswa yang memiliki motor lebih banyak ketimbang jumlah siswa yang memiliki LAPTOP. Sungguh Ironis. Padahal bila kita manage keduanya dapat kita capai.
5.            Belum adanya kesadaran akan pentingnya teknologi informasi bagi siswa. Ini juga faktor penghambat yang tak kalah penting dampaknya. Sebagian image yang berkembang terkesan MAPEL TIK TIDAK PENTING KARENA BUKAN MAPEL UN. image seperti ini jelas salah kuadrat artinya bukan sekedar salah tetapi salah kaprah. Padahal basis pemahaman yang extra jitu dalam pembelajaran adalah "MENYENANGKAN" , pemahaman suatu materi pelajaran akan lebih efektif bila otak mendapatkan input dari proses berfikir yang melibatkan Pendengaran, Penglihatan, Praktek langsung. bila ketiganya dapat dialami siswa dalam proses belajar maka memori materi pembelajaran akan kuat membekas di dalam otak siswa. Daaan.....itu semua dapat terwujud melalui TIK sebagai basic dasarnya untuk semua mapel. Meski banyak guru tahu dan mengerti hal ini namun apabila dilingkupi dengan hati yang Gaptek ya tetap aja Image TIK Ga Penting akan selalu bersemayam di dalam hati para gaptek gaptek mania

Namun itu semua dapat diatasi, apabila kita telah memiliki kesadaran akan pentingnya teknologi informasi untuk inovasi pendidikan kita. 
Salah satu wujud inovasi pembelajaran adalah dengan memanfaatkan Blog sebagai sarana belajar siswa. Banyak keuntungan yang dapat kita peroleh dalam pembelajaran lewat blog karena :
  1.  Blog dapat di isi dengan konten yang menarik. Dapat berupa gambar, video, bahkan animasi dengan flashpun dapat kita pasang di blog atau dapat pula dikemas dalam bentuk game.
  2. Bersifat interaktif. Dalam blog banyak sekali fitur fitur yang bersifat interaktif misal dengan memasang yahoo mesenger ke dalam blog sehingga siswa dapat berinteraksi dengan guru saat online. Apalagi bila didukung dengan jaringan internet kecepatan tinggi, kita dapat juga memasang video call kedalam blog. Bahkan Kita juga dapat memberikan soal latihan dalam bentuk quiz interaktif.
  3. Tidak mengenal batas waktu, kapan saja dan dimana saja siswa dapat belajar lewat blog. Dengan sarana sebuah handphone siswa dapat belajar lewat blog tanpa batas waktu.
  4. Gratis. Banyak layanan Blog Gratis yang dapat kita manfaatkan seperti Blogspot maupun wordpress.
  5. Dengan belajar melalui blog kita dapat mengurangi aktifitas para siswa dalam mengeksplor informasi yang bersifat negatif, dengan penugasan melalui blog secara kontinue, atau mengalihkan perhatian para siswa dalam mengexplor informasi negatif dengan fitur game interaktif pembelajaran atau soal quiz yang kita pasang di blog.
Ke lima alasan di atas sudah cukup memperkuat blog sebagai sarana belajar yang efektif, interaktif, dan menyenangkan. Marilah kita sebagai seorang pendidik bukalah mata kita akan pentingnya teknologi informasi dengan selalu membekali diri kita guna memenuhi kebutuhan informasi bagi siswa. Masih banyak yang perlu kita ketahui dari internet, karena internet adalah jendela dunia bukalah dan tataplah masa depan gemilang demi anak didik kita. Semoga dengan kemajuan teknologi Informasi pendidikan kita menjadi lebih maju.

Penulis : 
Iman Hadi Purwono, S.Pd
Guru Mapel TIK
SMP N 1 Dukuhturi Kabupaten Tegal Jateng








Bagi yang membutuhkan Panduan cara membuat Blog silahkan bisa didownload dengan klik link dibawah ini :
cara buat blog fersi video format flv
cara buat blog versi video format 3gp
cara buat blog versi pdf

1 komentar:

robet said...

mantap banget ,,,,,,

Post a Comment