• Home
  • Lock.
  • RPP
  • RKAS
  • TGS Siswa
  • Daftar Isi
  • Alumnus
  • Kontak
  • Comments

STURI PESERTA FAVOURITE PENGUNJUNG KARNIVAL HUT KAB TEGAL 415

TAmpak banyak pengunjung festival yang selvy bareng Model2 dari Sturi
Berbagai rangkaian kegiatan menyambut HUT Kab. Tegal telah dilaksanakan mulai dari kirab pataka, pagelaran wayang kulit, pameran slawi ageng expo, hingga festival karnaval budaya. Tema HUT Kab Tegal tahun 2016 adalah  "Slawi Sejuta Kreativitas Menyongsong Masyarakat Ekonomi ASEAN". Dengan tema tersebut diharapkan mampu menggugah kreatifitas warga kab tegal supaya mampu bersaing guna menghadapi MEA. 

Khusus untuk Festival karnaval budaya pada tahun ini agaknya berbeda dengan tahun tahun sebelumnya yang hanya diikuti oleh peserta dari kab tegal saja. Pada tahun ini festival karnaval seni budaya mengundang peserta dari kab/kota lainya seperti Kota Tegal, Kab. Brebes, Kab. Pemalang, Kab. Batang, dengan menampilkan budaya daerah masing masing. Festival karnaval budaya didominasi peserta dari pelajar, tak terkecuali SMP Negeri 1 Dukuhturi. Khusus untuk SMP Negeri 1 Dukuhturi pada festival budaya tahun ini menampilkan seni calung PANCALURI, yang dipadukan dengan pagelaran busana kreatif, karya warga sturi. 
Pancaluri merupakan singkatan dari "Pasukan Seni Calung Sturi". Calung atau sering disebut angklung adalah alat musik budaya khasa jawa. calung sturi merupakan calung tegalan yang merupakan hasil kreatifitas seni warga tegal yang mengadopsi dari calung banyumasan. Pancaluri yang mulai dirintis sejak tahun 2011 hingga kini tetap eksis dibawah binaan Bapak Iman Hadi Purwono,S.Pd. Banyak prestasi yang telah diraih oleh Pancaluri, antara lain :
  1. Mengikuti festifal lomba seni siswa nasional, Juara 1 FLS2N tingkat Kab. Tegal tahun 2013
  2. Mengikuti festifal lomba seni siswa nasional tingkat propinsi jawa tengah di Boyolali
  3. Tampil di Markas Kostrad batalyon 413 Bremoro sukoharjo
  4. Tampil di Brigif IV dewa ratna
  5. Tampil di festifal seni siswa kab tegal sebagai peserta favourite
  6. Serta banyak tampil di even even masyarakat sekitar kabupaten dan sekitarnya
Dari pantauan team redaksi, peserta festival karnaval seni budaya dari SMP Negeri 1 Dukuhturi yang menampilkan calung Pancaluri yang dipadukan dengan pagelaran busana kreatif mampu  mencuri perhatian para pengunjung festifal, fasalnya peserta dari sturi paling unik dengan calungnya serta busana kreatif yang memukau pengunjung. Alhasil selama perjalanan menelusuri rute karnaval, terganggu dengan banyaknya pengunjung yang ingin selvy bareng model model dari Sturi.
Kepala SMP Negeri 1 Dukuhturi juga turut hadir dalam festival karnaval budaya, meski baliau sedang rapat dinas, beliau menyempatkan diri untuk Hadir ditengah tengah peserta dari SMP Negeri 1 Dukuhturi. Inilah wujud kepedulian Pak Jamil selaku kasek Sturi. Beliau juga memberikan motivasi kepada anak anak peserta karnaval dari sturi supaya tampil maksimal membawa nama baik Sturi. Alhamdulillah meski belum dapat juara namun kontingen sturi yang dipandu oleh Pak Suyadi, S.Pd, Ibu Puji Astuti, S.Pd dan Pak Iman Hadi Purwono, S.Pd, mendapat perhatian yang antusias dari pengunjung.























2 komentar:

Post a Comment