• Home
  • Lock.
  • RPP
  • RKAS
  • TGS Siswa
  • Daftar Isi
  • Alumnus
  • Kontak
  • Comments

SMP N 3 SLAWI STUDY BANDING KE SMP N 1 DUKUHTURI


Kualitas dan keberhasilan suatu sekolah dapat dilihat dari tingkat Akreditasinya, Karena akreditasi merupakan sebuah predikat suatu sekolah yang menggambarkan keadaan suatu sekolah menurut standar yang telah ditentukan. Banyaknya Instrumen yang perlu disiapkan oleh suatu sekolah yang akan melakukan akreditasi merupakan sebuah momok yang di alami oleh sebagian besar sekolah. Sehingga diperlukan kerja cerdas oleh semua stakeholder sekolah yang bersangkutan. 
Sekolah sebagai sebuah Institusi Pendidikan tentu memiliki managemen. Managemen sangat diperlukan guna menghantarkan sekolah menuju Visi dan Misinya. Management yang baik tentu saja akan berujung pada Pelayanan Prima sekolah sebagai Institusi Pendidikan, Pelayanan Prima akan berdampak pada Kepercayaan Masyarakat, sehingga management sekolah yang baik merupakan suatu hal yang mutlak dilakukan. Bagi sekolah yang telah melaksanakan managemen sekolahnya dengan baik, maka semua Instrumen yang diperlukan dalam akreditasi akan selalu terdokumentasi dengan baik, sehingga hal hal yang diperlukan dalam proses akreditasi telah siap. 
Ada dua hal penting yang juga merupakan faktor penentu keberhasilan dalam Akreditasi sekolah selain hal hal di atas, yaitu :


  1. Leadership yang baik dan mapan  
  2. Komitmen dan Dukungan kuat semua komponen sekolah


Leadership atau Kepemimpinan kepala sekolah yang baik dan mapan merupakan satu hal yang sangat penting. Figur kepemimpinan yang baik dan mapan tentu memiliki visi dan misi yang jelas dalam kepemimpinanya. Kepemimpinan yang baik akan mampu menciptakan suasana aman nyaman dan kondusif. Kepemimpinan yang baik tentu melahirkan suatu kompetisi yang sehat yang akan melahirkan suatu prestasi. Kepemimpinan yang baik mampu menjadi TRIGER bagi semua komponen sekolah, dan satu hal yang merupakan tolok ukur keberhasilan Leadership adalah Kemampuan mencari solusi dalam menghadapi setiap tantangan yang dihadapi sekolah. 
Komitmen dan Dukungan kuat semua komponen sekolah juga merupakan hal yang penting. sehebat apapun suatu sekolah, se-senior apapun suatu sekolah  jika komponen sekolah belum mempunyai komitmen dan dukungan yang kuat tentu akan banyak mengalami hambatan dalam proses akreditasi. 
Komitmen dan dukungan kuat dapat tercipta dari Kepemimpinan yang baik dari unsur Leadership.

Ulasan di atas merupakan sebuah pengalaman SMP N 1 Dukuhturi dalam mewujudkan visi dan misinya, serta target target sturi dalam menjalankan tugasnya sebagai Institusi Pendidikan. Sturi sebagai sekolah senior baru mampu menyandang predikat Terakreditasi A di tahun 2013 dan menyandang Predikat Pembinaan sebagai Sekolah Berstandar Nasional (SSN). Predikat tersebut tentu saja bukan proses yang sekejap jadi, melainkan sebuah proses yang telah dirancang sejak kepemimpinan Bapak Drs, Alfatah, M.Pd. yang mampu menghidupkan semua komponen yang ada dan melakukan berbagai Inovasi baru dengan prinsip ATM nya, baik dari fisik maupun non fisik, sehingga Sturi mampu mencapai Visi dan Misinya. 
Keberhasilan SMP N 1 Dukuhturi hingga menyadang Predikat Sekolah Terakreditasi A dan juga terkenal Open Managemen mendorong SMP N 3 Slawi mengadakan Study Banding ke SMP N 1 Dukuhturi pada hari sabtu 24 Agustus 2013. 
Kehadiran Tim Pengembang Sekolah SMP N 3 Slawi dibawah ketua tim Bapak Jaelani disambut baik oleh seluruh warga sekolah. 
Kepala Sekolah SMP N 1 Dukuhturi Bapak Drs. Alfatah, M.Pd  antusias menyambut kehadiran tim pengembang SMP N 3 Slawi, beliau mengatakan " Kami menyambut baik kedatangan mereka, karena kami senang berbagi pengalaman, ya...sesuai dengan core values pertama kita. Kunjungan tim SMP 3 Slawi juga  merupakan kunjungan balasan, karena saya juga sering berkunjung kesana, kami sering menggunakan SMP N 3 Slawi untuk kegiatan pertemuan" demikian ungkap pak fatah dalam sambutanya menyambut kedatanga tim.
Usai sambutan dilanjutkan dengan Study Banding, dalam kesempatan ini Bapak Singgih Pujianto, S.Pd  mewakili Tim Pengembang SMP N 1 Dukuhturi menyampaikan beberapa hal terkait instrumen-instrumen yang perlu disiapkan secara lengkap, gamblang, dan detail. Mulai hal hal yang kecil semua disampaikan guna memberikan gambaran keberhasilan akreditasi bagi SMP N 3 Slawi. 









2 komentar:

Sang pemerhati said...

wow.....sturi memang jos gandos deh....

by capid 9H

Sang pemerhati said...

Alumni study banding juga rame kali yah.. hehe

Keren, semoga terus berkembang dan menjadi SMP terbaik di Tegal

Post a Comment