• Home
  • Lock.
  • RPP
  • RKAS
  • TGS Siswa
  • Daftar Isi
  • Alumnus
  • Kontak
  • Comments

Selamat Jalan Kelas 9

Dukuhturi 31 Mei 2012 hari yang bersejarah bagi siswa kelas 9 setelah tiga tahun mengenyam pendidikan di SMP N 1 Dukuhturi tercinta kini saat saat terakhir mereka segera tiba. Saat dimana siswa kelas 9 untuk terakhir kalinya menjadi warga Sturi dan sesaat lagi mereka akan dikembalikan kepada orang tua mereka masing-masing dalam acara Pelepasan siswa kelas 9 tahun pelajaran 2011-2012.
Berbagai persiapan telah dirancang bersama oleh panitia perpisahan, yaitu dengan ditampilkanya pentas seni dan budaya kreasi warga sturi. Acara yang berlangsung cukup spektakuler dan live ini melibatkan semua unsur warga sturi, baik guru, karyawan, komite  maupun siswa, semua saling melengkapi guna terselenggaranya acara Pelepasan dan pentas seni. 

Seperti tahun-tahun sebelumnya juga acara pentas seni dimeriahkan oleh band dan "Opera van Dukri" disamping tari kreasi baru dan karawitan. Kemeriahan nampak terasa setelah hadirnya sebuah group band karya anak kelas 8 yang akrab dengan sebutan "KEPRI BAND". 
Acara pelepasan tahun 2012 diwarnai dengan nuansa budaya lokal, sehingga siswa kelas 9 semua mengenaikan pakaian kebaya yang merupakan pakaian budaya adat lokal khas jawa. sehingga nuansa ketertiban sangat terasa. Acara dimulai pukul 08.00 wib, seluruh peserta kelas 9 berkumpul di halaman depan sekolah, dengan 3 orang penari endel peserta kelas 9 dikawal memasuki arena dan seketika itu juga gema gending ketawang subo kastowo mulai terdengar sebagai bentuk penyambutan. Usai Gending penyambutan disusul dengan hadirnya sepasang pembawa acara dengan 3 bahasa sekaligus bahasa inggris, jawa kromo dan Bahasa Indonesia. Kemudian dengan pengawalan ketat oleh anggota PKS sebagai garda terdepan paspamsturi Kepala Sekolah dan komite sekolah serta tamu undangan memasuki arena.  suasana khidmat nampak tergambar pada wajah warga sturi saat tamu kehormatan bersama Kepala Sekolah memasuki arena pelepasan.

Tidak lengkap rasanya kata sebagian siswa yang sempat ditemui tim redaksi Sturi bila acara pelepasan tanpa OVD (Opera Van Dukri) pasalnya disamping ulah-ulah para pemain OVD yang bikin orang ketawa bukan pada saat nonton saja tetapi hingga pulangpun masih teringat akting2 gokilnya para pemain OVD. Pada episode ke 2 ini Opera Van Dukri mengangkat cerita rakyat dengan judul "Ande Ande Lumut". Inilah wujud nyata dari gudep SMP N 1 Dukuhturi yang slalu nguri-uri budaya luhur bangsa Indonesia. Disamping  itu pula sebagai wujud nyata dari pencanangan Sturi sebagai sekolah berbasis budaya lokal berwawasan global.

Kemeriahan semakin nampak saat OVD naik panggung, seperti biasa para penonton langsung berduyun-duyun menuju depan panggung. Para tamu undangan pun nampak menikmati, tak ketinggalan kepala Sekolah SMP N 1 Dukuhturi Bapak Drs. Alfatah, M.Pd dan Ibu Mantan kepala sekolah Ibu Dra. Umiyar , kedua duanya tak henti-hentinya tertawa melihat akting-akting gokil pemain OVD.
Usai kegiatan kepala sekolah memberikan apresiasi disela sela ruang kerjanya dan baliau berpesan OVD wajib dilestarikan guna memelihara kekayaan budaya Bangsa Indonesia. 
Selamat Jalan kelas 9 semoga dapat melanjutkan ke jenjnag sekolah yang lebih tinggi sesuai apa yang kalian cita citakan. Bawalah nama baik dirimu, nama baik sturi tercinta dimanapun kalian berada.

Berikut adalah foto-foto kemeriahan acara pelepasan





















3 komentar:

Post a Comment