• Home
  • Lock.
  • RPP
  • RKAS
  • TGS Siswa
  • Daftar Isi
  • Alumnus
  • Kontak
  • Comments

Sains Club Sturi adakan Test Golongan Darah

siswa putra sedang diambil darahnya
Salah satu bagian penting dari struktur kurikulum tingkat satuan pendidikan adalah Pengembangan diri. Pengembangan diri mutlak dilakukan guna memenuhi kebutuhan peserta didik dalam rangka memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan bakat, minat, dan kondisi sekolah. Sturi sebagai salah satu sekolah potensial menuju SSN dengan paradigma barunya sangat peduli terhadap kegiatan pengembangan diri. Hal ini terbukti dengan maraknya kegiatan pengembangan diri di SMP N 1 Dukuhturi. 
Bapak Drs. Alfatah, M.Pd disela-sela kegiatan beliau selaku orang nomor wahid di SMP N 1 Dukuhturi mengatakan "kami ingin gali semua potensi diri siswa, dan kami ingin salurkan bakat bakat mereka melalui kegiatan pengembangan diri, sehingga dengan metode Bottom Up yang kami terapkan mudah mudahan dapat mengcover kebutuhan pengembangan diri siswa. kami juga komitmen akan hal ini sehingga guru sebagai tenaga pembimbing pengembangan diri apabila dirasa masih kurang kami akan undang pelatih yang profesional dalam bidangnya, dan hal ini telah kami laksanakan pada pengembangan diri rebana. kami melihat potensi minat dan bakat rebana dikalangan siswa kami, dan kebetulan kami belum memiliki pembimbing yang kompeten dalam hal ini, maka kami segera fasilitasi dengan peralatan rebana lengkap dan sekaligus kami undang pelatih rebana profesional dari luar, demikian juga kegiatan ekstra yang lain seperti halnya Sains Club kami fasilitasi semua peralatan kegiatan Tes Golongan Darah ini yang semula praktek test hanya untuk anggota sains club saja, kami kembangkan supaya dapat bermanfaat bagi semua siswa sturi, sehingga siswa tidak perlu test golongan darah ke dokter yang jelas berbayar". demikian ungkap beliau.
Kegiatan test golongan darah ini bertujuan untuk menerapkan salah satu materi yang telah diperoleh anggota sains club yang berjumlah 21 orang selama mengukuti kegiatan pengembangan diri sains club di sturi. Kegiatan yang sasaran pertamanya kelas VIII dengan  jumlah siswa 335 ini dilaksanakan menjadi empat tahap yaitu :
  1. Senin, 30 Januari 2012
  2. Selasa 31 Januari 2012
  3. Rabu 1 Februari 2012
  4. Kamis 2 Februari 2012
 Bapak Singgih pujianto, S.Pd selaku pembina kegiatan sains club ini mengatakan " Kegiatan ini dilaksanakan setiap tahun ajaran, hanya saja untuk tahun ajaran ini sesuai dengan arahan Bapak Kepala Sekolah kita Pa Fatah (panggilan akrab beliau = red) dikembangkan supaya dapat lebih bermanfaat untuk banyak siswa sehingga sasaran kegiatan yang semula hanya untuk anggota sains club dikembangkan untuk semua siswa kelas VIII, disaping itu juga kegiatan ini dilaksanakan guna mempersiapkan peserta didik di arena OSN yang notabene sejak tahun 2008 hingga 2011 selalu lolos hingga ke tingkat Propinsi"
Kegiatan Test Golongan darah ini disambut baik oleh para siswa karena mereka dapat mengetahui golongan darahnya secara gratis, berikut komentar salah seorang siswa Ade Puput Fitriani kelas VIII B yang sempat dihubungi tim redaksi IT Sturi "Dengan adanya kegiatan test golongan darah seperti ini kami merasa senang, karena dapat mengetahui golongan darah saya, walaupun agak sedikit takut terutama saat mau di ambil darahnya pake blood lancet, tapi ga sakit, sturi emang Top dehhh" demikian ungkapnya. 
Semoga dengan kegiatan ini Sturi makin hari makin mantap makin semarak kegiatannya sehingga diharapkan mampu mengcover semua kebutuhan siswa terutama dalam pengembangan diri.







Penulis :
Iman Hadi Purwono, S.Pd
Guru Mapel TIK
SMP N 1 Dukuhturi

2 komentar:

akhza said...

semangat dukri one..
by mantan 9a 209/2010

SMP N 1 DUKUHTURI said...

sekarang namanya "Sturi" bukan dukrione, thanks ya dah peduli ma almamater. salam STURI for alumnus SMP N 1 Dukuhturi (STURI)

Post a Comment